Jelang Laga 'Bentrok' Jerman vs Prancis : Semi Final EURO 2016

Semifinal Euro 2016 laga kedua (8/7/2016) pukul 02.00 WIB di stade de Velodrome, Marseille Perancis akan menyuguhkan pertarungan hidup-mati dua tim nasional besar. Tim tuan rumah "Ayam Jantan" Prancis akan beradu kuat melawan "Der Panzer" Jerman. Masing-masing skuad tentu akan berjuang all out untuk keluar sebagai juara dan menemui Portugal di final nanti (10/7/2016). 

Perancis sebagai tuan rumah tentu akan menghadirkan yang terbaik di hadapan publik pendukungnya. Pun begitu Jerman, yang menyandang status juara Piala Dunia 2014, laga kontra Prancis ini adalah hambatan yang harus dilewati dengan baik agar statusnya menjadi tim nasional paling kokoh determinasinya dalam sepakbola dunia terbukti eksistensinya.
 

Melihat dari pertandingan delapan besar beberapa hari lalu kedua tim memiliki catatan yang patut dirayakan. Kemenangan secara 'alot' atas Timnas Italia melalui drama adu pinalti yang berakhir 5-6 sejauh ini merupakan keberhasilan terbesar Jerman dalam ajang Euro.  Saat itu, permainan ciamik timnas asuhan Joachim Loew selain berhasil menyuguhkan permainan yang lebih baik juga menegaskan mentalitas juara tim Jerman yang dapat keluar sebagai pemenang walaupun harus dilalui dengan kerja keras. Keberhasilan Jerman membuyarkan 'asa' timnas Italia beberapa hari lalu itu, terpaksa harus dibayar dengan absennya beberapa pemain penting seperti Mats Hummels, dkk.

Sementara itu Perancis dalam laga kontra tim kuda hitam Islandia, berhasil melenggang dengan skor meyakinkan 5-2. Harus diakui kemenangan 'mudah' melawan Islandia itu adalah 'lonjakan performa' timnas Perancis dalam ajang Euro 2016. Walaupun harus diakui jika tim tuan rumah sejauh ini sedikit beruntung karena melalui laga-laga relatif mudah, laga kontra Jerman kali ini adalah batu ujian sebenarnya timnas Perancis. Mampukan tim tuan rumah yang 'ngebet' menyabet gelar juara ini meredam gempuran kolektifitas tim panser Jerman? Perlu kita tunggu..

Prediksi
Menengok performa kedua tim, cukup sulit bagi kita menentukan siapa yang kira-kira akan keluar sebagai juara dalam 'duel besar' ini. Wajar saja jika dari beberapa bursa taruh dan prediksi bola di beberapa situs online bola memasang skor draw atau imbang sebagai hasil yang terbaik.  

Pun begitu hasil analisa redaksi olahraga tim Caping memiliki analisa lain. Dari data dan fakta yang kami olah, skuad Jerman lebih memiliki peluang untuk dapat lolos dalam laga sulit ini. Analisa kami, dari segi kolektifitas permainan, mentalitas kuat juara dipadu dengan skill dan strategi pelatih dan official Jerman yang jeli akan mengantarkan Jerman membungkam cekaman timnas Prancis di Marseille.   

Perancis memang mungkin saja membuat kejutan dapat menghentikan laju Jerman dengan dukungan pemain yang penuh semangat di publiknya. Mereka perlu memutus rantai permainan-permainan jarak pendek yang biasa dimainkan oleh pemain Jerman dengan memanfaatkan lini-lini terlemah yang ditinggalkan pemain pengganti Hummel, dkk, yang absen dan menciptakan peluang untuk mencetak gol. Pun begitu, pekerjaan Timnas Prancis untuk menguasai pertandingan ini rasanya sulit karena sejauh ini komposisi pemain pengganti Jerman-pun tidak cukup buruk bahkan relatif cukup memiliki skill dari pemain utamanya. 
 
Susunan Pemain
Jerman : Manuel Neuer, Benedikt Howedes, Jerome Boateng, Shkodran Mustafi, Jonas Hector, Toni Kroos, Sami Khedira, Julian Draxler, Mesut Ozil, Thomas Muller, Mario Gotze.
Prancis : Lloris, Sagna, Rami, Koscielny, Evra; Kante, Matuidi, Pogba, Griezmann, Giroud, Payet.

Catatan:
Harus diakui jika pertandingan semifinal Jerman vs Prancis ini adalah laga final sebelum final kedua setelah Jerman vs Italia. Siapapun yang keluar sebagai juara akan memiliki peluang terbesar memboyong gelar juara dan trophy Euro 2016. Bagi Prancis prestise besar adalah apabila mereka dapat meredam Jerman dihadapan publiknya. Sementara itu, bagi Jerman kemenangan atas Prancis menjadi penting untuk membuktikan 'nyali' juara dan determinasi 'tim spesialis turnamen" yang saat ini melekat. (AB)
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :