Bugatti Terbaru 1500 PS, Lebih Dahsyat, Lebih Eksotis

Desain berubah radikal menganut konsep C
yang lebih radikal dari sebelumnya
Setelah sebelumnya ditampilkan beberapa kali teaser di media, kini penerus Bugatti Veyron telah diperlihatkan secatra utuh. Mobil produksi Bugatti, anak perusahaan Volkswagen AG, Bugatti Automobiles SAS di pabriknya di Molsheim, Perancis ini tengah menyambut  debut perdanannya di Jenewa Auto Show mendatang.

Mobil bernama Chiron ini mengusung tenaga 1500 PS, atau sekitar 10 kali tenaga Honda Jazz. Bayangkan ada 1500 kuda di kandang anda dan tenaganya digabungkan menjadi satu di balik kap mesin di belakang kursi mobil super ini.

Seperti apakah Chiron?
Nama Chiron dimaksudkan untuk mengenang pembalap legenda Bugatti yaitu Louis Chiron. Chiron merupakan evolusi dari Veyron. Hampir setiap komponen baru, terutama desain bodi yang menakjubkan dengan intake C-berbentuk tradisional di sisi. Titik dimulai dari ujung roda depan, melingkar ke belakang, naik, melengkung ke depan dan berhenti di pangkal pilar depan, tepat di atas ujung belakang ban depan. Desain C ini juga bisa dilihat dalam interior.

Interior juga menganut konsep C
Ini merupakan perubahan eksterior mobil paling drastis dari desain sebelumnya yang lengkungnya hanya berhenti di bawah kaca bagian sisi belakang. Desain lampu, dan body secara keseluruhan tetap menampilkan kesan elegan dengan ciri lubang besar di bagian depan moncong. Ini mewarisi desain dari model sebelumnya.

Desain buritan juga berubah. Kalau desain dahulu terlihat mulus dan melandai, kini menjadi lebih ekstrem. Desain lampu yang dahulu membulat berubah menjadi garis memanjang. Lobang-lobang besar mendominasi sisi buritan ini ketimbang edisi sebelumnya. Sehingga seakan mobil ini tidak punya bemper belakang.

Body mobil semua terbuat dari serat karbon. Dimensinya 82mm lebih panjang dari Veyron, 53mm lebih tinggi, dan 40mm lebih luas. Karena dimensi yang lebih besar, berat mobil menjadi sedikit bertambah, 155kg tepatnya, menjadi 1995 kg.

Buritan kini tidak mulus dan seksi lagi
Sekarang tengoklah di balik kap mesin di belakang lampu utama yang terdiri dari 4 lampu led di kanan dan 4 di kiri. Di sana ada powertrain W16 quad-turbo 8.0-liter yang berasal dari unit Veyron. Unit ini bisa mengeluarkan daya 1103kW (1500PS) di 6700rpm, dan 1600nm antara 2000-6000rpm. Ini peningkatan drastis dari generasi sebelumnya yang di kisaran 1001 PS untuk bugatti veyron standart dan 1200 untuk Veyron sport. Padahal volume mesin masih sama yaitu 8000 cc.

Chiron akan berakselerasi dari 0-100km / jam hanya dalam 2,5 detik, 0-200km / jam hanya dalam 6,5 detik, dan 0-300km / jam dalam 13,6 detik. Adapun kecepatan tertinggi dibatasi pada 420km/jam. Agak unik mengapa kecepatannya dibatasi segitu. Ada kemungkinan Bugatti akan mengeluarkan versi sport yang batas maksimum kecepatannya bisa lebih tinggi lagi sekalian memecahkan rekor kecepatan yang telah ada.

Di bagian interior lebih gila lagi. interior lebih mewah dari sebelumnya, dengan kulit indah dan perlengkapan logam di dalam, dan bahkan ada tambahan ruang kepala berkat dimensi yang lebih besar.

Rencana akan dibuat 500  unit saja
Bugatti berencana membuat produk barunya ini sebanyak 500 unit. Menurut informasi bahwa sudah ada 150 unit yang di pesan konsumen. Artinya tinggal menjual yang 350 unit lagi. Bugatti terbaru ini ditawarkan dengan harga awal 2,4 juta Euro atau sekitar 34.8 Miliar rupiah. Seandainya masuk Indonesia tinggal menambahkan pajaknya saja.

Diantaranya adalah BBN atau bea balik nama kendaraan bermotor, Pajak kendaraan bermotor. Biasanya BBN yaitu 10 % harga dasar. Sedangkan besaran pajaknya adalah 1,5% dan bersifat menurun setiap tahunnya karena harga jual yang juga menurun.

Karena ini mobil mewah maka akan terkena  Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah. Besarannya adalah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 64/PMK.011/2014. Untuk mobil di atas 3000 cc adalah sebesar 125%. Silahkan dihitung sendiri.jb

sumber: performance.drive.



SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :