Pelatihan Pembuatan Sumur Resapan di Kaliangkrik

Magelang. Caping. Pelatihan pembuatan sumur resapan untuk para tukang dilakukan di Kaliangkrik, Rabo-Kamis, 3-4 Februari 2016. Pelatihan ini ditujukan untuk para tukang yang nantinya akan dilibatkan pada proses pembuatan sumur resapan di kawasan tersebut.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Tim Sumur Resapan Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah. Pesertanya para tukang dari beberapa desa di Kaliangkrik, khususnya yang nantinya akan mengimplementasikan program pengembangan sumur resapan.

Menurut Nurul Munawaroh, Manager Program Sumur resapan ini dikatakan bahwa program sumur resapan SPPQT ini meneruskan program sumur yang telah dilaksanakan pada tahap sebelumnya. Untuk tahap ini rencananya akan dibangun sebanyak 800 unit sumur tersebar di kawasan Kaliangkrik dan Ngablak Magelang.

Bertindak sebagai pemateri atau pelatih pada pelatihan ini adalah Maksum AlArofi dan Eva M. Keduanya adalah tenaga tehnik SPPQT yang telah terlibat dalam pembangunan sumur resapan di tahap sebelumnya. Pengalaman dari tahap sebelumnya mendasari pelatihan ini sehingga hambatan, kesulitan dan persoalan dan pembelajaran penting dari tahap sebelumnya bisa diantisipasi.

Pelatihan dibagi menjadi sessi di dalam kelas dan praktek dilapangan. Sessi di dalam kelas dilakukan sebelum peserta melakukan praktek. Sessi kelas diberikan untuk mengetahui informasi, spesifikasi, standart dan ukuran yang diharuskan dalam pembuatan sumur resapan dalam program ini. Hal ini perlu dipahami oleh para tukang agar mereka memiliki panduan tegas dalam membangun sumur resapan nantinya.

Sessi selanjutnya adalah praktek pembuatan sumur resapan. Praktek pembuatan sumur resapan ini dilaksanakan di area Kantor Kecamatan Kaliangkrik. Dua unit sumur resapan di bangun di kawasan ini dan menjadi pembelajaran bagi para tukang untuk melakukan pembangunan di sumur-sumur selanjutnya. Pembangunan sumur di area kantor kecamatan sekaligus sebagai bentuk sambutan positif dan dukungan sepenuhnya dari pemerintah kecamatan pada program pembangunan sumur resapan ini./jb
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :