Upaya Pelestarian Air Melalui Sumur Resapan

Warga mengisi daftar hadir sebelum mengikuti sosialisasi
Magelang, Caping. "Sumur resapan adalah sebuah tempat yang berupa sumur atau lubang pada permukaan tanah yang di buat untuk menampung air khususnya air hujan dan meresapkannya kedalam tanah dengan baik." Demikian Mujab, pegiat dari SPPQT mengawali pemaparannya dalam sosialisasi mengenai sumur resapan di Balai Desa Ngendrokilo, Kaliangkrik Magelang, Sabtu, 9/1. Sosialisasi ini mengawali kegiatan pengembangan sumur resapan yang dilakukan SPPQT bersama anggotannya di Kab Magelang.
"Dikarenakan air sangat berperan penting dan berada di daftar paling atas kebutuhan manusia, bagaimana pun kelestarian air harus tetap ada dan terjaga. Salah satu upaya yang dilakukan SPPQT untuk mendukung keberlangsungan sumber daya air adalah dengan melakukan progam sumur resapan." Demikian Mujab memaparkan lebih lanjut.

SPPQT melangsungkan sosialisasi yang dinarasumberi oleh Mujab, Maksum dan Eva Marihani kepada warga masyarakat sekitar untuk menyampaikan bagaimana cara membantu air agar lebih bersahabat dan bermanfaat untuk jangka panjang serta berkelanjutan.

Pada saat musim hujan sering sekali air yang mengalir langsung terbuang lewat sungai atau aliran-aliran lainya sehingga proses peresapan air kedalam tanah tidak maksimal. Air hujan yang tak terkelola dengan baik justru akan mengakibatkan banjir dan kekeringan di musim kemarau.

Eva, nara sumber lainnya menjelaskan bahwa selain untuk pengendali air, sumur resapan ini juga memiliki banyak manfaat lainya, seperti melindungi kesuburan tanah, mengurangi tingkat kekeruhan air serta menjaga kualitas sumber daya air. "Berbeda dengan konsep sumur air minum pada umumnya yang menaikkan air tanah kepermukaan, konsep sumur resapan ini justru memasukkan air kedalam tanah dan menabungnya. Hal inilah yang perlu digaris bawahi dan dipahami oleh masyarakat yang menyanggupi sumur resapan ini." Kata Eva.

Respon masyarakat sekitar menyambut baik progam sumur resapan ini. Istilah “Nabung Banyu” yang digunakan warga memperlihatkan kesadaran warga bahwa air merupakan warisan dari alam yang harus dijaga dan dilindungi untuk kehidupan yang akan datang. Harapan masyarakat semoga dengan berjalannya progam ini beriringan juga dengan perubahan positif pada lingkungan sekitar dan semakin banyak yang sadar akan pentingnya kelestarian sumber daya alam khususnya air. Pengembalian air kealam untuk kehidupan mendatang./febri
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :