Tahap-tahap Pengorganisasian Calon LSD

Oleh: Arif Burhan


Ilustrasi LSDPQT

Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab pertanyaan salah seorang kader yang mengalami kebingungan bagaimana memulai pengorganisasian pemuda tani di desanya. Pertanyaan itu dia lontarkan karena ia mengalami ketertarikan untuk membuat, namun bingung darimana dan bagaimana harus memulai.

Baiklah, berangkat dari permasalahan tersebut, LSDPQT Salatiga selaku pihak yang bertanggungjawab untuk melakukan pengorganisasian pemuda di tingkat paguyuban perlu untuk segera menyusun buku panduan yang mudah dipahami dan dapat diterapkan, calon LSD dapat segera terbentuk. Harapannya setelah ini, tidak ada lagi kebimbangan dan kebingungan calon LSD tentang bagaimana cara, mengorganisasi para pemuda tani di masyarakatnya.

Langkah Pengorganisasian adalah sebagai berikut:

Persiapkan instrumen organisasi

Sebelum kita berperang, kita perlu memastikan bahwa senjata yang kita bawa telah cukup dan dalam kondisi yang baik. Persiapan membuat LSDPQT juga begitu, kita tidak bisa asal bikin tanpa melakukan identifikasi alat-alat kelengkapan yang nantinya dibutuhkan untuk membuat organisasi baru. Alat-alat atau instrumen ini dapat kita ketahui dengan menyesuaikan kebutuhan di lapangan. Selain itu, kita juga harus mengukur apakah budget yang kita miliki sesuai dengan keperluan ini. Jangan sampai kita memaksakan diri untuk melengkapi peralatan organisasi yang dibutuhkan, namun dengan cara menguras keuangan kita.

Ada beberapa perangkat yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan pengorganisasian calon LSDPQT yakni;

  1. AD/ART LSDPQT
  2. Daftar Calon Anggota dan Fromat calon pengurus inti LSDPQT
  3. Tempat calon lokasi kantor LSD
  4. Bantuan peralatan komputer dan kelengkapannya untuk LSDPQT
  5. Format kepengurusan dan rencana kerja dan kegiatan LSD jangka pendek, menengah dan panjang.
  6. Draft Tata-tertib dan Peraturan kelembagaan LSD

Identifikasi Lapangan 

Identifikasi lapangan ini dilakukan oleh staf LSDPQT di lokasi calon LSD. Identifikasi ini akan menghasilkan hipotesis sementara yang ditarik dari kerja mengumpulkan data, melakukan kategorisasi data dan melakukan analisa sementara tentang prospek dan tantangan LSD ke depan. Dari hasil identifikasi ini, akan menjadi bahan kerja bersama tentang peluang dan tantangan organisasi LSD ke depan. Identifikasi ini dibuat oleh bagian pendamping LSD guna mengukur bagaimana prospek jamaah produksi yang tepat dan mekanisme penguatan dan pengembangan organisasi LSD ke depan.

Lakukan Pemetaan Pengurus

Pemetaan pengurus adalah menyeleksi sejumlah nama yang diajukan oleh calon LSD disesuaikan dengan kebutuhan organisasi LSD yang susunan kepengurusannya secara format telah dibuat oleh LSDPQT. Peran LSDPQT sangat sentral untuk menyepakati, mengganti atau menambahkan nama-nama yang telah diusulkan calon LSD. 

Buat Tim Kecil Penyelenggara Rapat

Keberadaan tim kecil ini penting sebelum rapat besar yang sesuangguhnya dilakukan di lokasi calon LSD. Rapat kecil ini melibatkan beberapa orang yang memiliki intensitas bertemu yang tinggi dan berkomitmen pada hidup-matinya organisasi. Dalam rapat kecil ini terbahas masalah persiapan teknis dan administratif seputar pembuatan LSD.

Buat Rapat Pembentukan LSD Desa

Setelah tiga tugas di atas dilakukan, langkah selanjutnya adalah pemberian mandat oleh organisasi kepada LSD untuk melakukan persiapan rapat pengurus dan calon anggota LSD yang melibatkan pemuda/pemudi di desa tersebut. Rapat ini dilaksanakan di tempat yang representatif dan mendukung prospek perkembangan LSD ke depan. Dalam rapat ini akan dihadiri pengurus LSDPQT, bidang pemuda dan calon pengurus dan anggota LSD minimal 10 orang anggota dengan kuota perempuan minimal 30 %.

Dalam rapat bersama ini diagendakan akan terbahas beberapa hal yang memuat diantaranya sebagai berikut;

  1. Susun Kepengurusan
  2. Pahamkan Tugas pokok dan fungsi Pengelola
  3. Sepakati Mekanisme Pertemuan Rutin
  4. Usulkan Iuran
  5. Susun Program dan Kegiatan LSD ke Depan
  6. Bentuk Jama'ah Produksi yang Relevan dengan Keadaan Setempat

Lakukan Pengawasan dan Evaluasi Secara Bertahap

Diharapkan rapat tersebut berlangsung secara musyawarah mufakat dan demokratis, sehingga ke depan LSD yang terbangun adalah benar-benar hadir karena kebutuhan setempat dan bukan karena inisiatif pihak lain. Kalau suasana kepemilikan LSD ini sudah nampak keberadaannya, pendampingan dari LSDPQT diperlukan untuk mengonrol dan mengawasi serta mengevaluasi LSD yang sudah terbentuk.

Lakukan Regenerasi 

Diharapkan ritme organisasi sudah terjalin dengan baik, sehingga ke depan organisasi sudah dapat menjadi sistem yang memiliki kemampuan adaptasi, integrasi, menetapkan tujuan bersama dan tidak mudah goyah karena mampu mengatasi masalahnya sendiri.

Mantapkan dengan Jejaring

Pengembangan selanjutnya dari organisasi adalah mengolah organisasi agar menjadi organisasi yang mampu meraih telinga massa. Diharapkan ke depan, organisasi ini mampu menguatkan secara ekonomi, politik, budaya dan sosial kepada anggota dan memiliki bargaining yang mantap di tingkat eksternal.

- See more at: http://politik.lsdpqt.org/#sthash.Uyy9HULF.dpuf
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :