Kemampuan Tanah Menyimpan dan Menyaring Air


oleh: mujab

Tanah menyimpan dan menyaring air

Tanah meningkatkan ketahanan pangan dan ketahanan kita dari banjir dan kekeringan. Tanah yang sehat dengan kandungan bahan organik tinggi dapat menyimpan sejumlah besar air. Hal ini sangat penting untuk menjaga makanan sementara produksi juga meningkatkan ketahanan terhadap banjir dan kekeringan.

Kadar air tanah adalah jumlah air dalam tanah. Bahan organik tanah dapat mempertahankan sekitar 20 kali beratnya dalam air. Jumlah maksimum air yang tanah dapat dipertahankan tergantung pada tekstur tanah dan struktur tanah, kandungan bahan organik, dan kedalaman perakaran tanaman.

Kelembaban tanah dan ketahanan pangan
Air adalah "darah" pertanian. Manajemen peningkatan kelembaban tanah sangat penting untuk produksi pangan yang berkelanjutan. Menghambat kapasitas tanah untuk menerima, mempertahankan, melepaskan dan mengirimkan air akan mengurangi produktivitasnya.

Tantangan besar untuk masa depan akan meningkatkan produksi pangan dengan sedikit air. Kebanyakan petani di negara berkembang mengandalkan tadah hujan pertanian, meningkatkan tanah optimasi kelembaban dan manajemen sangat penting. Penggarapan tanah, pembabatan rumput, dan pembabatan hutan bisa mengakibatkan petani bergantung pada tanaman-tanaman yang membutuhkan irigasi. Pemenuhan target ketahanan pangan membutuhkan kebijakan pertanian berkelanjutan yang menjamin peningkatan tanah kualitas dan retensi air.

Meningkatkan kelembaban tanah
Banyak praktek pertanian dan pengelolaan lahan yang berkelanjutan dapat meningkatkan retensi air. Beberapa upaya untuk menjaga kelembaban tanah:
  1. memberi sampah organik, tanaman penutup dan mulsa
  2. konservasi pertanian
  3. pengetahuan dasar tentang irigasi yang presisi atau efisien. efisiensi penggunaan air, mengurangi penggunaan pestisida, dan memperbaiki kesehatan tanah bisa 
  4. meningkatkan rata-rata hasil panen sebesar 79%.
  5. konservasi tanah
  6. menangkap run off dari tanah sekitar
  7. meniadakan pengolahan tanah (zero tillage)
  8. mengumpulkan atau memanen air hujan
Sumber: FAO 
gambar: bimbingan.org
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :