Merbabu Membara Memprihatinkan

Beberapa titik api di Merbabu dalam jarak cukup jauh
Salatiga.Caping.Punggung gunung Merbabu sebelah timur dan utara membara. Sepanjang sepengetahuan caping, Merbabu mulai terbakar di sisi timur dan utara semenjak selasa, 29/9. Kemungkinan besar wilayah yang terbakar masuk Kab Boyolali. Hingga malam ini, Sabtu dini 4/10, api terlihat menyala-nyala. Semenjak Senja hari jumat, 2/10, Garis api sudah nampak membakar di minimal dua lokasi.

Hal ini seperti nampak dari Kalibening,Salatiga. Semakin malam api semakin terlihat dan nampak mulai menyebar. Persebaran makin luas memasuki Sabtu dini hari. Api nampak menyebar kemana-mana. Spot-spot api nampak di beberapa tempat. Kepulan asap nampak dari kejauhan di atas bara api yang terlihat memanjang berkelok-kelok.

Nyala api Merbabu cukup tinggi disertai kepulan asap
Sebagian lagi nampak memasuki jurang dan membentuk bayangan hitam lembah dari kejauhan. Asap putih nampak mengepul jauh mengikuti arah angin. Hal itu nampak jelas di depan punggung Merbabu yang gelap gulita. Di beberapa tempat lain nampak titik-titik kecil api yang kadang nampak kadang muncul di tempat lain.

Kalau melihat pergerakannya, api bergerak dari atas menuju kebawah. Menyusuri ngarai dan lembah. Sekali waktu nampak api memasuki lembah meninggalkan bayang jurang berwarna
Api memasuki jurang meninggalkan garis bayang hitam
hitam./jb
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :