Cleret Gombal : Naga Kecil dari Indonesia

Caping - Dulu sewaktu kecil, barangkali anda pernah melihat hewan ini terbang dan meloncat dari satu pohon ke pohon lain. Di tempat saya (Ketapang, pen.) kadal yang dapat terbang ini lumrah disebut celeret gombal. Secara ilmiah hewan ini bernama Draco Volans. Bentuk Draco Volans sepintas mirip mitologi naga, namun anda tidak perlu khawatir karena ukurannya kecil (8 inci/ 20 cm). 

Draco Volans
Draco Volans bukan kadal biasa, ia memiliki sayap diantara kedua tangan dan kaki. Biasanya warna sayap ini berwarna warni dan dapat bermimikri sesuai warna lingkungan. Dengan sayap ini Draco dapat terbang. Jarak terbangnya hanya berkisar 3 kaki/ 9 meter sekali terbang. Draco biasa terbang untuk menghindari serangan predator lain. Fungsi lain dari sayap ini adalah untuk menarik perhatian dari lawan jenis, dan mencari serangga/ makanan.

Dalam hidupnya seekor Draco Volans/ celeret gombal jantan biasanya dibatasi oleh daerah/ teritori kekuasaan. Biasanya satu Draco Volans/ celeret gombal menguasai 3 pohon. Di teritorinya ini seekor Draco menemukan jodoh, hidup sampai dengan mati.

Apabila telah memasuki musim kawin dan bertelur, Draco betina turun dan membuat lubang untuk menaruh telur. Apabila tempat telur ini dirasa kurang aman, Draco betina akan menjaganya hanya dalam jangka waktu 24 jam semenjak bertelur. Selebihnya, Draco betina akan meninggalkan telur itu sampai menetas dengan sendirinya. 

Draco Volans (sumber)
Sumber: 
Baru-baru ini sebuah artikel di sebuah situas luar memuat beritanya secara apik yang dapat anda simak di sini.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :