Survei SPPQT: Anak-Anak Muda Ingin Menjadi Pengusaha Di Desanya

Prosentase jenis pekerjaan yang diminati anak-anak muda. Survei dilakukan periode Mei sampai Juli 2015
CAPING.LSDPQT.org , Salatiga – Tingkat keinginan anak-anak muda untuk bekerja atau mencari sumber penghasilan di desanya cukup tinggi. Survei dengan tema “Tingkat Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan di Desa” menunjukkan 51,39% ingin bekerja di desa tempat mereka tinggal. Hasil ini juga sejalan dengan keinginan pemuda menjadi pengusaha dibanding jenis pekerjaan lainnya.

“Selain pemuda ingin tetap bekerja di desanya, 50% responden juga ingin menjadi pengusaha dengan bahan baku lokal sebagai mata pencahariannya mengungguli keinginan menjadi Pegawai Negeri Sipil  (20) maupun buruh (5%) ,” Demikian paparan ketua  riset sekaligus Ketua Bidang Pemuda SPPQT Muhlisin, Senin (3/8) di Kantor SPPQT, Kota Salatiga.

“Dan lebih penting lagi ternyata 37,50% pemuda mengharapkan organisasi tani atau ternak ada di desanya. Ini tentu masih lebih rendah dari keinginan pemuda mengharapkan organisasi kepemudaan dan hiburan yang mencapai 44,09%,” tambahnya.

Namun demikian hanya 9,39%  pemuda yang tertarik menjadi petani. “Pendapatan yang rendah dari sector pertanian nampaknya menjadi alas an kuat mengapa pemuda sekarang tidak berminat menjadi petani meski notabene mereka anak petani,” lanjutnya.

Survei ini sendiri melibatkan 288 responden yang berasal dari Kabupaten Boyolali, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Semarang. Usia responden berkisar antara 20 sampai 30 tahun sebanyak 121 orang (40,01%), 16 sampai 19 tahun 103 orang (37,76%) dan 13 sampai 15 tahun 64 orang (22,23%), (KR)
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :