Panen Pala di Gogik


Panen Pala
Ungaran,Caping. Beberapa warga nampak duduk berkerumun di tepi jalan berbatu di salah satu sudut kebun Ngobo, PTPN IX Sabtu,29/8. Mereka duduk bergerombol sambil mengelilingi gundukan buah pala yang berwarna hijau kekuning-kuningan. Iya, mereka memanen pala.

Nampak diantara mereka beberapa gungukan buah pala yang beum dikupas, sementara yang lain nampak mengupas buah pala basah satu persatu. Mereka mengupas menggunakan pisau kecil dengan membelah buah pala dan mengambil bijinya.

Aroma pala telah tercium dari dari jarak yang cukup jauh. Aroma buah pala membawa ketenangan dan sedikit membuat kantuk. Udara panas dan semilir angin di kawasan perkebunan tersebut semakin menguatkanefek kantuk dari aroma pala yang dikupas.
Buah pala masih di pohon


Dikawasan ini buah pala didapat dari sejumlah pohon yang memenuhi area perkebunan. pohonnya tinggi-tinggi dan sudah terlihat cukup tua. Beberapa pohon yang tumbuh di area yang cukup lembab kemudian ditumbuhi lumut dan suplir di batang pohonnya.Namun musim kemarau kali ini cukup membuat lumut mengering dan suplir serta tumbuhan paku layu.

Beberapa cabang pohon pala rantingnya menjuntai ke bawah. Sehingga buah pala bisa diraih dengan tangan. Tetapi warga dan para pekerja biasanya memanen pala dengan memanjatnya dan menggunakan galah. Sehingga seluruh buah pala dalam satu pohon dipastikan bisa terpetik semua./jb
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :