Kekuatan Petani di Suropadan Agro Expo 2015

Pengunjung memadati stand pameran

Temanggung, Caping. Tahun ini pemerintah provinsi jawa tengah menggelar pameran Soropadan Agro Expo (SAE) di Soropadan Pringsurat Temanggung. SAE merupakan gelaran tahunan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah. Pameran ini mempertemukan pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, pihak swasta serta masyarakat, khususnya di Jawa Tengah.

Soropadan Agro Expo (SAE 7) 2015 berlangsung pada tanggal 5 – 9 juni 2015 bertempat di PPAP (Pusat Pelayanan Agribisnis Petani/ Farmers Agribusiness Service Center), Agro Center Soropadan, Jl. Raya Magelang-Semarang KM. 13 Pringsurat, Kab. Temanggung – Jawa Tengah.
Tanaman sayuran diamati para pengunjung


Pameran ini melibatkan semua lembaga kedinasannya di pemerintahanya mulai dari tingkat provinsi hingga kedinasan di daerah tingkat II. Selain itu ikut serta dalam event ini kedinasan dari provinsi lain ikut meramaikan pemeran tersebut.

Di antaranya dari Papua, NTT, NTB dan Yogyakarta dan tak ketinggalan pula dari beberapan Departemen kementrian RI pun ikut andil bagian di pameran tersebut. Turut pula dalam pameran ini dari kedinasan ikut andil juga para pelaku usaha kecil menengah. Pameran ini di selenggarakan mulai dari tanggal 5 juni hingga 9 juni 2015.
Beberapa pengunjung mengamati tanaman


Dengan adanya pemeran tersebut semua peserta pameran menampilkan yang terbaik. Di antaranya dari dinas peternakan Jawa Tengah. Lembaga ini membawa beberapa jenis sapi mulai dari lemosin yang beratnya mencapai 1000 kg dalam umur 6 tahun, kambing etawa dan hewan ternak lainya.

Di sudut-sudut pameran terlihat beberapa produk terkait dengan pertanian. Ada hamparan tanaman sayur yang terawat rapi, sehingga pengungung bisa melihat dan mengamati dengan leluasa. Selain itu ada sapi yang cukup gemuk dipamerkan di sana. Dari pantauan Caping, terlihat beberapa pengunjung memenuhi sudut-sudut pameran dan juga hamparan tanaman sayur.
Pengunjung pameran dari berbagai kalangan
Suropadan Agro Expo


Pengunjung juga bisa melihat pameran mesin-mesin pertanian, mulai dari penanam benih padi, pemanen padi, dan pembajak sawah. Selain itu produk-produk andalan dari masing-masing kabupaten dan kota di Jawa Tengah juga nampak di sana. Ada pula pameran tentang peralatan pengolah pupuk, pengolah biogas dan teknologi ramah lingkungan lainnya. Soropadan Agro expo ini juga diramaikan dengan beberapa agenda untuk memeriahkan acara./man, jb

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :