Beberapa Kejadian Kepunahan Massal di Bumi

Urutan kepunahan massal dibumi
Salatiga. Caping. Setidaknya penghuni Bumi telah mengalami lima kali kepunahan massal. Penyebabnya beragam, dari  letusan gunung berapi yang dahsyat yang mengisi udara dengan gas beracun, atau kepunahan massal yang terjadi akibat adanya konvergansi benua, mengganggu proses sirkulasi air laut dan menyebabkannya stagnan juga beracun untuk organisme yang tinggal di dalamnya (ice age). Kala lain, kepunahan massal terjadi akibat adanya hantaman dari batu meteor ke Bumi 65 juta tahun lalu, yang tercetak di Gulf of Mexico. Apa saja kepunahan massal yang pernah terjadi di Bumi?

Kepunahan Massal Ordovisum

Inilah kepunahan pertama yang dipercayai pernah terjadi di Bumi. Kepunahan massal ini terjadi sekitar 440 juta tahun lalu. Kepunahan Ordovisum dipercayai merupakan kepunahan kedua terparah yang pernah terjadi di Bumi. Kala itu, seluruh kehidupan laut terkena dampak dan 85 persen biotanya menghilang.

Kepunahan Massal Late Devonian

Kepunahan ini terjadi sekitar 375 hingga 359 juta tahun lalu. Ketika itu, kepunahan Devonia menyebabkan ikan-ikan besar dan terumbu karang hancur. Barulah sekitar 100 juta tahun kemudian ikan-ikan besar dan terumbu karang kembali bertumbuh.

Kepunahan Massal Permian

Akibat peristiwa ini, 97 persen penghuni bumi hilang. Kepunahan Permian memberikan dampak luar biasa pada ekologi bumi. Peristiwa ini terjadi sekitar 252 juta tahun lalu.

 Kepunahan Massal Trias

Saat itu, Dinosaurus pertama kali muncul pada zaman Trias Awal. Akan tetapi, amfibi dan reptil besar serta mamalia masih mendominasi permukaan bumi. Kemudian terjadilah kepunahan massal yang begitu cepat dan membunuh beragam spesies di Bumi. Kepunahan ini terjadi sekitar 201 juta tahun lalu.

Kepunahan Cretaceous

Inilah kepunahan massal yang “baru saja” terjadi di Bumi sekitar 66 juta tahun lalu. Inilah penyebab dinosaurus punah.

sumber: nationalgeographic.co.id/
gambar: mongabay.co.id/
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :