Orang Berakal Punya Keberanian: Menyimak Syekh Abdul Qodir AlJailani

Wahai saudaraku yang berakal, janganlah engkau berdusta kepada siapa pun. Jujurlah! jangan sekali-kali engkau merasa takut kepada jin, manusia, malaikat, atau hewan. Tetapi engkau hanya takut kepada Allah saja.

Wahai Saudaraku, sesungguhnya orang yang berakal itu tidak pernah takut terhadap cemoohan manusia, sebab semua makhluk yang ada di dunia itu lemah. demikianlah keadaan orang yang mengambil manfaat ilmunya. Para Ulama adalah dokter-dokter islam yang gagah perkasa yang mempertahankan kebenaran agama dan syariat islam dari segala kehancuran.

Ya Allah, dekatkanlah kami kepadaMu agar bisa menjalankan perintahMu dengan tanpa ujian dan cobaan. Kurangilah kami dari keburukan tipu daya orang-orang yang durhaka. peliharalah kami menurut kehendakMu sebagaimana yang aku kehendaki. Kami mohon ampunan dan manfaa dalam beragama di dunia sampai di akhirat.

Abu Yazid Al Bustami dihampiri seseorang. Seorang itu menolah ke kanan dan ke kiri seakan-akan mencari sesuatu. Abu Yazid bertanya,"Apa yang engkau cari?" Lelaki itu menjawab,"Aku mencari tempat yang suci untuk shalat." Maka Abu Yazid berkata," Sucikanlah hatimu terlebih dahulu berulah engkau bisa shalat di mana saja sekehendakmu!".

Sesungguhnya tiada seorangpun yang mengetahui riya kecuali orang yang ikhlas bersamaNya. Riya, ujub, dan munafiq adalah merupakan panah-panah syetan yang hendak dimasukkan ke dalam hati manusia.

Wahai saudaraku, terimalah apa yang disampaikan ulama, belajarlah kalian dari mereka untuk mencapai jalur yang benar di sisiNya. Karena jalur itu benar-benar akan dilalui mereka. Tanyakanlah kepada mereka tentang ujian Allah dan hawa nafsu. Sesungguhnya mereka telah mengenal berbagai ujian Allah SWT. Mereka paham betul tentang seluk beluk khianat dan kegilaan manusia akibat perputaran masa. Janganlah tertipu oleh bisikan syetan dan jangan pula engkau hancur karena hawa nafsumu sendiri.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :