RAT Koperasi Perempuan Bawu

Nampak sebagian anggota koperasi perempuan Bawu
tengah mengikuti RAT tahun buku 2014.
Sebagian lagi di arah sebaliknya


Boyolali, Caping. Puluhan ibu-ibu memenuhi kediaman Ibu Ngatiyem di Dusun Bawu, Desa Bawu, Kemusu, Boyolali, Kamis, 9/9. Mereka hadir di rumah tersebut untuk mengikuti Rapat Anggota Tahunan KSP Forum Perempuan Bawu. Koperasi yang berdiri 3 tahun lalu ini melakukan RAT untuk tahun buku 2014. Koperasi simpan pinjam ini memiliki anggota sebanyak 80 orang, terdiri dari para perempuan dari 7 kelompok perempuan.

Hadir dalam RAT ini beberapa pegiat dari SPPQT. Diantaranya adalah Muhlisin, Toni, dan Muh Rohnan dari bidang ekonomi SPPQT. Selain itu hadir pula Siti Harsun, Ketua Bidang Perempuan yang selama ini mendampingi kelompok perempuan SPPQT.

Anggota koperasi ini memiliki kewajiban untuk simpanan pokok sebesar 100 ribu rupiah. sedangkan simpanan wajibnya adalah lima ribu rupiah per lapan yang mana uang tersebut dikumpulkan ketika pertemuan rutin anggota. Per akhir tahun 2014 ini jumlah aset dari koperasi tersebut sebesar tigapuluh juta empat ratus enampuluh ribu rupiah. SHU yang dibagikan sebesar Rp 80 ribu per anggota karena kebanyakan hasil usaha memang dibagikan ke anggota. Kepengurusan lebih banyak bekerja secara sukarela walaupun tetap menerima sedikit uang lelah, tetapi jumlahnya tidak seberapa.

Dalam RAT kali ini dilakukan pula pemilihan kepengurusan koperasi perempuan tersebut. Para anggota sepakat untuk mengukuhkan kepengurusan lama menjadi pengurus lagi dengan Ibu Ngatiyem sebagai ketua pengurusnya. Pemilihan ini berjalan lancar, penuh permufakatan dan merupakan aspirasi sebagian besar anggota koperasi.

Koperasi Perempuan ini masuk dalam Paguyuban Petani Serang Jaya, Salah satu anggota SPPQT di Kawasan Boyolali bawah diseputar waduk kedungombo. Mayoritas anggota koperasi ini adalah petani yang menggarap lahan petani yang mereka miliki. Selain itu mereka juga menggarap lahan yang oleh masyarakat diketahui sebagai lahan perhutani. Mereka menanam jagung, kedelai, kacang, ubi kayu dan beberapa tanaman lainnya. Keberadaan koperasi ini dirasa cukup membantu.RAT kali ini dimeriahkan dengan pemberian doorprise senilai Rp 225 ribu untuk para peminjam yang aktif./jb
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :