Pokok-pokok isi kandungan surat Al kautsar



Caping Magelang 1/15 oleh : Zaenal Muittin
Sumber: abichondro.deviantart.com/art/Al-Kautsar-339270930

Isi pokok kandungan surat Al kautsar menganjurkan kita untuk mensyukuri nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT kpd kita dengan beribadah secara kontinyu, terutama mendirikan solat fardhu dan berkurban. Dalam surat ini, seolah olah Allah menunjukkan anjuran dan perintah-Nya kepada pribadi Nabi besar Muhammad SAW.

Apabila kita mempelajari sejarah hidup Nabi kitta, memang benar bahwa Nabi Muhammad SAW telah mendapatkan kenikmatan yang sangat banyak ketika beliau berusia 40 tahun beliau menerima wahyu yang pertama di Gua Khiro, dan sekaligus diangkat menjadi Rosul dan penutup dari semua para utusan Allah. Untuk menguatkan tanda bukti kerosulaNya, Nabi Muhammad di berikan mu'jizat berupa Alqur'an dan berbagai macam pertanda lainya.

Selain kenikmatan yang sangat banyak yang diterima oleh beliau, selama menjalankan tugas kenabiaNya, diakhirat nanti akan diberikan danau Alkautsar, air dalam danau Alkautsar adalah persediaan minum umat-Nya pada hari Mahsyar,dan sangat bahagia orang-orang yang dapat meminumnya.sekali minum orang itu takkan merasa kehausan selamanya.

Karena banyaknya nikmat yang di berikan Allah kepada beliau, maka beliau di perintahkan supaya mendirikan Sholat lima waktu dan berkurban pada hari raya Idul adha dan hari Tasyrik, itu semua sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

Dalam sebuah Hadits diterangkan bahwa ketika putra Beliau yang bernama Sayyid Qosim wafat. Beliau disebut Abtar oleh Al aas bin wail. tetapi kenyataanya Abtar(punah hancur)malah menimpa orang-orang kafir sendiri.

Kita umat manusia sudah diberi kenikmatan yang banyak oleh Allah SWT dari banyaknya macam kenikmatan Itu yang tak seorangpun dapat menghitungnya. Allah SWT berfirman;yang artinya";Dan jika kamu sekalian akan menghitung -hitung ni'mat Allah, tidaklah mampu menghitung dan memperkirakanya"

Coba saja anda merenungkan panca indra kita yang terdiri dari;Penglihatan(mata),pendengaran (telinga),pencium(hidung),pengecap(lidah)dan alat peraba (telapak tangan), dan berapa kisaran harga masing-masing Indra. pasti takda yang mampu menentukan nilainya belum lagi anggota badan yang lainya . itu baru seberapa anggota yang tampak oleh mata, belum lagi anggota badan yang lain belum lagi kenikmatan Hati dan fikiran,akal dan ilmu.

Kalau kita renungkan lebih dalam lagi Kita harus mencontoh pola gaya hidup Nabi kita Muhammad SAW yaaitu selalu beribadah dan berqurban semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah SWT. Pada ayat ketiga dalam surat Alkautsar dinyatakan oleh Allah SWT bahwa orang-orang yang membencimu kamu dialah yang akan binasa.

Marilah pelajaran isi surat ini kita pahami, hayati dan perbanyaklah bersyukur pada Allah SWT dengan mendirikan solat lima waktu Amin.

Diolah dari berbagai sumber
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :