Flightradar24, Aplikasi pelacak pesawat

Sebuah pesawat dari Amerika menuju Moscow
lengkap dengan jalur melengkung  yang dilewati

oleh:Mujab

Pesawat terbang diudara seakan bebas menentukan arahnya karena seakan-akan tidak ada jalan atau garis marka yang kelihatan. Untuk anda yang pernah naik pesawat sangat jarang anda berpapasan dengan pesawat lain dalam jarak seratus meter misalnya, kecuali ketika masih di landasan. Tetapi sesungguhnya jalur pesawat itu sudah ada ketentuannya.

Jalur pesawat sudah ditentukan arahnya oleh pengatur di darat. Dan setiap pesawat selalu terdeteksi keberadaannya baik titik berangkatnya, ketinggian terbangnya, alur yang di lalui dan dititik mana pesawat tersebut hendak mendarat. Selain itu ada program untuk memastikan pesawat itu berjalan di jalur yang telah ditetapkan, posisi saat ini dimana, termasuk kecepatan dan ketinggian pesawat tersebut.

Salah satu program untuk mengecek track pesawat adalah flightradar24. Aplikasi ini gratis dan realtime, sehingga setiap orang bisa melihat pesawat yang dikehendaki posisinya sedang dimana, terbang diketinggian berapa, kecepatannya seberapa dan arahnya kemana.

Dengan aplikasi flightradar24 ini bisa diketahui daerah mana yang traffic penerbangannya ramai, sedang hingga daerah-daerah yang sepi. Tampilan awal flightradar24 akan memperlihatkan peta dengan sebaran pesawat yang sedang terbang. Ada daerah yang penuh sesak dengan pesawat ada daerah yang kosong. Pesawat digambarkan dengan pesawat kecil berwarna kuning hingga coklat.

Pesawat Qatar Airways dari Denpasar menuju Doha
melewati Malang, Blitar, Tulungagung, Salatiga dan seterusnya
Anda bisa mengklik salah satu pesawat yang sedang terbang. Maka akan ditunjukkan dalam layar sebelah kiri mengenai asal pesawat tersebut berangkat, bandara tujuan pesawat tersebut akan mendarat, dan juga nama maskapai lengkap dengan nomor registrasinya.

Kemudian ditampilkan pula kecepatan pesawat, ketinggian pesawat, dan tentu saja posisi atau koordinat dari pesawat tersebut secara riil time.

Atau anda pengin mengetahui posisi pesawat yang ditumpangi saudara, kerabat, atau orang terkasih ketika sedang terbang? anda cukup memasukkan nomor penerbangan pesawat yang ditumpanginya di belakang alamat flightradar24 yaitu http://www.flightradar24.com/. Misalkan kerabat anda terbang dengan pesawat dengan pesawat Lion Air dengan flight JT506, maka ketik JT506 tersebut dibelakang alamat http://www.flightradar24.com/. Jadi http://www.flightradar24.com/JT506. Setelah itu tekan enter. Maka jika pesawat tersebut mengudara maka anda bisa melihatnya dilayar, plus penjelasannya di sisi kiri layar.

Maka kita jadi paham ketika pesawat air asia hilang dilaut jawa bisa dilacak hingga posisi terakhir pesawat tersebut terpantau. Jika kemudian hilang dari layar maka tentu ada sesuatu yang harus diwaspadai. Mau tahu lebih jauh? Silahkan lihat di flightradar24.com/jb


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :