Yang Ungu dari Dunia petani

oleh:Mujab


Ungu adalah salah satu warna dalam dunia warna yang sudah dikenal secara luas. Dari dunia pertanian juga sering ditemui komoditas yang berwarna ungu. Warna ungu memiliki daya tarik tersendiri karena agak berbeda dari warna biasanya seperti merah, hijau, dan kuning.
Berikut ini beberapa komoditas yang memiliki warna ungu dan bisa ditemukan dari dunia pertanian.
Terong Ungu;
(http://caramenjadiagenacemaxs.com/36/manfaat-terong-ungu/)
Ketela Ungu
(http://mahmudah2690.files.wordpress.com/2012/08/
img_20120812_123719.jpg)

  1. Terong ungu. Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40-150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam. Dari segi botani, buah yang dikelaskan sebagai beri memiliki banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu dapat dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung nikotin, sejenis alkaloid yang banyak dikandung tembakau. Warna terong ungu menonjol selain warna hijau, dan putih. Terong ungu sangat enak di buat sambal.
  2. Umbi ungu. Umbi ungu adalah umbi dari ketela rambat. Dikatakan umbi ungu karena ketela rambat ini juga berwarna ungu. Ketela rambat merupakan salah satu dari beberapa jenis komoditas pertanian yang menjadi bahan pangan utama disamping jagung, ketela, beras dan gandum. Tanaman ketela mudah ditanam, dipelihara dan dibudidayakan oleh petani. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.
    Jagung Ungu
    (http://herbal-id.com/wp-content/uploads/2013/10/
    Khasiat-Jagung-Ungu.jpg)
  3. Jagung ungu. Warna jagung kebanyakan putih dan kuning. Tetapi ada varitas dimana jagung kemudian berwarna ungu. Jagung adalah bahan pangan utama dunia disamping beras umbi-umbian dan gandum. Jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri. Beberapa di antaranya adalah bioenergi, industri kimia, kosmetika, dan farmasi. 
    Cabe Ungu
    (http://benih.net/wp-content/uploads/2014/09/
    Purple-Cayenne.jpg)
  4. Cabe Ungu. Cabe berasa pedas. Itu adalah benar. Tetapi soal warna, cabe biasanya berwarna merah, hijau muda, hijau tua, dan kuning keputih-putihan. Tetapi dalam sebuah situs jual beli ditawarjan adanya bibit cabe pelangi. Diantara wwarna yang ada itu adalah warga ungu. Jadilah cabe masuk dalam beberapa komoditas yang berwarna ungu. Dalam situs jual beli tersebut disertakan gambarnya yang menunjukkan satu batang pohon cabe denga aneka macam warna. Cabe sendiri adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.
    Wortel Ungu
    (https://www.tokopedia.com/seedsros/wortel-
    ungu-purple-carrot)
  5. Wortel Ungu. Masih dari situs jual beli produk bibit pertanian, ditawarkan pula wortel warna ungu. Tawaran ini tentunya menarik banyak pembeli mengingat warna wortel yang dikenal selama ini adalah merah kekuning-kuningan. Wortel yang kaya vitamin A ini mungkin akan memiliki tamahan kandungan karena warna ungu berarti warna merah yang bercampur biru. Namun hal itu masih perlu diteliti lebih lanjut. Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja. Umumnya wortel dapat menaikkan jumlah produksi tomat jika ditanam di rumah. Jika dibiarkan berbunga, wortel akan mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator untuk datang dan membunuh hama kebun. 
    Kol Ungu
    (http://jurnalsihanifa.wordpress.com/2014/07/25/
    kol-ungu/)
  6. Kol Ungu. Sayuran lain yang memiliki warna ungu adalah kol ungu. Kol ini mirip dengan kol pada umumnya. Yang membedakan adalah jika penampakan kol biasanya putih di bagian dalam dan hijau bila sudah tua, kol yang satu ini sudah berwarna ungu sejak muda dan berangsur hijau untuk lembaran yang berwarna tua. Kobis adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea L. Kelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau kepala (capitata berarti "berkepala"). Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan, walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat, dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. oleracea var. sylvestris. Kol ungu adalah satu jenis dari beberapa jenis kol yang ada. 
    Tomat Ungu
    (http://www.merdeka.com/sehat/tomat-ungu-
    lebih-lezat-dan-lebih-sehat.html)
  7. Tomat ungu. Adalah salah satu varian tomat selain yangb erwarna merah. Ada sebuah sumber yang mengatakan bahwa tomat ungu merupakan persilangan antara buat otmat dan buah naga mengandung anti oksidan tinggi sehingga dapat mencegah kanker dapat dikonsumsi dan dapat dimasak.
    Brokoli Ungu
    (http://gayahidup.uniknya.com/2011/12/16/5-
    sayuran-warisan-leluhur/)
  8. Brokoli ungu. Brokoli dan bunga kol biasanya berwarna hijau dan putih. Tapi brokoliyang satu ini berwarna ungu. Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.
    Mawar Ungu
    (https://www.tokopedia.com/onigirifrenzy/
    benih-bibit-bunga-mawar-ungu-purple-rose-import)
  9. Mawar Ungu. Mawar ungu adalah salah satu mawar diantara beberapa jenis mawar lainnya. Mawar ungu masih jarang ditemui jika dibandingkan dengan mawar merah dan mawar putih. Mawar menjadi tanaman budidaya oleh petani karena nilai jualnya tinggi dan konsumennya juga banyak. Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan (grafting) dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis.Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai. /jb
sumber: id.wikipedia.org
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :