Nilai Wawasan Kebangsaan kurang, Kahiyang Ayu Tak Lolos Tes CPNS

Caping. Status memang sebagai putri presiden saat ini, tetapi soal tes PNS, bicara lain. Itulah yang
Kahiyang Ayu
dialami Kahiyang Ayu, Putri Jokowi yang tidak lulus tes PNS di Kota tempat tinggalnya, Surakarta. Kahiyang yang ayu yang mendaftarkan diri mengikuti tes CPNS raihan nilainya ternyata belum mencukupi untuk masuk sebagai peserta yang lulus. Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja sebagaimana dilansir oleh detiknews.

"Walaupun putri pejabat bahkan putri Presiden tidak mendapatkan hak istimewa terkait dengan kelulusannya. Kita tetap mengacu pada peraturan yang telah dibuat," tegas Setiawan, Selasa (16/12).

Hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) Kahiyang dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) nilai totalnya 300. Rinciannya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 50, Tes Intelegensi Umum (TIU) 95, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai 155.

"Meskipun totalnya 300, tapi karena TWK tidak memenuhi standar yang ditetapkan, maka dia tidak lolos," tegas dia lagi.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 29/2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS Tahun 2014. Nilai Tes Karekteristik Pribadi (TKP) minimal 126, Nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal 75, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) paling rendah 70.

Dengan demikian Kahiyang Ayu bisa mengikuti tes berikutnya atau ketika ada pembukaan PNS lagi. Namun kahiyang mungkin bisa menanyakan perihal rumor bahwa akan ada moratorium yang menyatakan bahwa tidak akan ada pengangkatan PNS baru selama lima tahun./jb




sumber: detiknews
gambar: plus.kapanlagi.com
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :