Mengenal Aids dan cara menanggulanginya

oleh : Mujab
Data AIDS Indonesia Kuartal pertama tahun 2014.
Tanggal 1 Desember diperingati Sebagai Hari Aids Sedunia. maksud dan tujuan dari peringatan hari AIDS Sedunia ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Menurut artikel di id. wikipedia.org, Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.
Berkas:World Aids Day Ribbon.svg
Pita Merah: Lambang terhadap AIDS

Sebagai remaja, orang tua perlu waspada terhadap penyakit yang satu ini, AIDS. Hal ini karena virus tersebut yaitu HIV merupakan virus yang Sudah tersebar dimana-mana termasuk di Indonesia. Virus tersebut menyebar dengan cepat Dapat menyerang semua orang tanpa pandang bulu. Belum ditemukan vaksin untuk mencegah dan obat untuk menyembuhkan. Dan tentu saja dapat menyebabkan kematian.

AIDS menular melalui : Pertama, Hubungan seksual dengan pengidap HIV/AIDS tanpa memakai kondom, Kedua, Transfusi darah dengan darah yang sudah terpapar HIV, Ketiga, Jarum suntik dan benda-benda tajam lainnya bekas dipakai oleh pengidap HIV tanpa disterilisasi dengan benar, dan keempat, Ibu hamil yang terinfeksi HIV dapat juga menularkan kepada janin di dalam kandungan melalui plasenta atau saat persalinan.

Dalam kehidupan keseharian kita bisa mencegah penyebaran AIDS termasuk menjaga diri sendiri agar tidak tertular melalui :

  1. Perilaku Sex Abtinance / tidak melakukan hubungan seks sebelum/ diluar nikah. 
  2. Be faithful /saling setia terhadap pasangannya. Condom /menggunakan kondom jika pasangan mengidap HIV atau jika kita tidak yakin terhadap pasangan kita
  3. Pengamanan Darah Jika memerlukan transfusi darah, korban atau keluarga korban minta kepastian terlebih dahulu bahwa darah yang akan dipakai telah melalui proses screening. Dalam menolong kecelakaan hindari kontak langsung dengan darah, dengan cara menggunakan sarung tangan bila tersedia atau kantong plastik, kain dll sebagai pengganti.
  4. Penggunaan Jarum Suntik dan 
  5. Benda Tajam Lainnya Gunakan peralatan baru atau yang sudah distrerilisasi dengan benar. 

Di Indonesia banyak pihak termasuk lembaga swadaya yang menyediakan informasi mengenai HIV dan AIDS ini yang bisa diakses dengan mudah. Dengan ketersediaan informasi ini diharapkan semua orang bisa mengetahui, memahami, dan memiliki informasi yang cukup atas HIV dan AIDS ini. Termasuk di sana tersedia informasi mengenai langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk melindungi diri dari HIV dan AIDS. Harapannya bisa meminimalisir penyebaran virus mematikan ini dan setiap individu memiliki komitmen untuk melindungi dirinya sendiri dan orang lain agar tidak terjangkit dari penyakit ini.

Diantara lembaga yang menyediakan informasi mengenai HIV dan AIDS adalah Yayasan AIDS Indonesia dan bisa ditemukan di website http://www.yaids.com/. Lembaga lain yang menyediakan informasi serupa misalnya Yayasan Spiritia atau di website spiritia.or.id. Ada juga lembaga lain yang menyediakan informasi mengenai HIV dan AIDS yaitu Komunias AIDS Indonesia. Lembaga ini bisa diakses di http://aids-ina.org//. Selain itu di situs kementrian kesehatan RI anda juga bisa melihat-lihat informasi mengenai HIV dan AIDS baik perkembangan, jumlah kasus, artikel dan lain sebagainya. jb

Sumber: 
id.wikipedia.org
Yayasan AIDS Indonesia
http://images.detik.com/albums/detikhealth/2009/07/content/Data_HivAids_Indonesia_2014.jpg



SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :