Menentukan harga produk 2

oleh:mujab

Ilustrasi harga
Dalam tulisan sebelumnya telah disampaikan bahwa menentukan harga produk merupakan keputusan yang penting terkait manajemen usaha.  Harga yang menarik akan meningkatkan volume penjualan, sehingga diharapkan berimbas pada peningkatan keuntungan. Berikut adalah pertimbangan-pertimbangan lain dalam menetapkan harga dari suatu produk dan jasa melengkapi dari paparan sebelumnya. Sumber dari tulisan ini masih sama dengan tulisan sebelumnya.

  1. Berdasarkan penjenjangan pasar. penetapan ini pertama kali menjual produk yang unik dan cukup sulit ditiru dengan memberi harga yang tinggi. Targetnya adalah mereka yang memiliki daya beli tinggi. Setelah pangsa pasar yang relatif kecil ini menjadi penuh perlahan-lahan harga diturunkan sehingga pangsa pasar dengan daya beli lebih rendah kemudian mampu membelinya. Metode penetapan harga seperti ini memiliki keunggulan karena dapat memaksimalkan keuntungan atas produk baru dengan cepat.
  2. berdasarkan daya serap pasar. cara ini berarti menentukan harga atas produk dan jasa yang sangat unik, sangat terspesialisasi dan bervariasi pada setiap pekerjaan. metode ini akan sangat berhasil ketika manfaat dari produk dan jasa yang bersangkutan jauh di atas harganya sehingga harga bukan lagi menjadi faktor pertimbangan penting bagi konsumen.
  3. berdasarkan potongan harga atau diskon. penetapan harga ini adalah memberikan pengurangan harga dari harga umum karena beberapa alasan, seperti memberi diskon berdasarkan volume pembelian tertentu, atau pada event tertentu. metode penjualan seperti ini adalah untuk mendorong pembayaran tunai atas produk dan jasa yang dijual. 
  4. berdasarkan harga merugi. Penetapan harga produk harga merugi adalah menawarkan produk dengan harga yang diturunkan untuk jangka waktu tertentu. Tujuannya untuk menarik minat konsumen agar mau datang dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan. biasanya diterapkan dalam campuran beberapa produk dalam paket. Tetapi kadang juga berlaku untuk satu item produk. 
  5. Berdasarkan harga psikologis. Yaitu menetapkan harga yang terlihat lebih memuaskan dan menguntungkan karena seakan-akan cukup rendah atau murah. misalkan hangphone seharga 1.999.999 seakan lebih murah dari harga 2.000.000.
  6. Berdasarkan harga bergensi. Menetapkan harga dengan memberikan daya tarik dari segi citra mutu dan citra elite. Banyak konsumen berpendapat bahwa harga yang tinggi identik dengan mutu yang tinggi juga.
  7. Berdasarkan pertimbangan khusus. Menetapkan harga selain menyangkut soal pemaran kadang juga menyangkut ranah hukum. Tidak boleh ada monopoli harga, atau produsen bersekongkol untuk menetapkan harga mahal demi keuntungan yang terlalu banyak. Selain itu juga tidak diperbolehkan melakukan diskriminasi terhadap konsumen. Setiap produk dengan mutu dan spesifikasi yang sama ditawarkan kepada semua konsumen di beberapa daerah harus ditawarkan dengan harga yang sama, kecuali ada perbedaan harga yang didasarkan pada beaya produksi. Untuk beberapa produk tertentu kadang juga memasukkan beaya pengiriman.
Demikian beberapa hal terkait pertimbangan dalam menentukan harga dari suatu produk atau jasa. Silahkan dibaca juga paparan dari artikel sebelumnya terkait penentuan harga produk anda /jb
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :