Lindungi TKI, Kemenaker Teken Kerjasama dengan ILO

Ilustrasi TKI
Jakarta, Caping. Hanif Dhakiri melakukan beberapa terobosan terkait perlindungan terhadap TKI. Setelah sebelumnya melompat pagar untuk kepentingan TKI pada penampungan tenaga kerja Indonesia ilegal di Jalan Asem Baris Raya, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 5 November 2014. Kini Hanif Dhakir meneken kerjasama dengan ILO untuk menambah meningkatkan perlindungan terhadap TKI.

"Ketentuan perundangan mengenai perlindungan migran di semua negara berbeda-beda, kita minta bantuan pada ILO untuk meningkatkan aspek perlindungan bagi TKI kita. Melalui kerjasama ini, ia berharap nasib TKI menjadi lebih terjamin saat berkerja. Bukan hanya dari segi keselamatan tapi juga hak atas upah layak menjadi perhatian utama negara tujuan TKI yang menjadi anggota ILO. Dengan adanya kerjasama perlindungan pekerja migran diantara negara-negara anggota ILO kita harapkan para TKI kita yang bekerja di luar negeri bisa lebih terlindung," Kata Hanif.

Berikut adalah Program kerja sama Kemenaker dengan ILO:
  1. Tripartite Action to Protect Migrants from Labour Exploitation (ASEAN Triangle Project), bertujuan untuk meningkatkan perlindungan pekerja migran.
  2. Sustaining Competitive and Responsible Enterprises (SCORE Project), bertujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan memperbaiki hubungan industrial dan kondisi kerja.
  3. Better Work Indonesia, bertujuan untuk memperbaiki kondisi kerja dan produktivitas di sektor-sektor padat karya yang ditargetkan.
  4. Promoting Rights and Opportunities for Peple with Disabilities in Employment through Legislation (PROPEL-Indonesia), bertujuan untuk menciptakan pekerjaan dan peluang kerja yang lebih baik untuk pria dan wanita penyandang disabilitas.
  5. Decent Work for Domestic Workers to End Child Domestic Work, bertujuan untuk mepromosikan kerja layak bagi pekerja rumahtangga dan penghapusan pekerja anak pada sektor rumah tangga secara efektif.
  6. Supporting Implementation of “Single Windows Service” delivery of the provincial social protection strategy of East Java Province, bertujuan untuk memberikan perlindungan sosial dan keamanan ekonomi bagi kelompok rentan seperti pekerja ekonomi informal, perempuan, dan orang yang hidup dengan HIV/AIDS.
Kesepakatan ini diteken saat Hanif Dhakiri menjamu Direktur Jenderal ILO Guy Ryder dikantonya Jalan Gatot Subroto, Kamis (11/12/2014). Hanif menyebut ILO punya peran penting untuk meningkatkan aspek perlindungan bagi buruh migran asal Indonesia./jb

Sumber: Metro, Tempo,
gambar: beritatrans.com/cms/wp-content/uploads/2014/07/TKI1.jpg
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :