Dari Lokasi Longsor Banjarnegara

batu, lumpur, tanah, lewat di samping, rumah ini selamat
Banjarnegara, Caping. Melihat dari dekat situasi longsor maka akan bisa dilihat betapa hebat kerusakan yang ditimbulkan. Tanah di sisi utara bukit seakan terbawa arus dan menimpa suatu area luas, jauh dari titik awal longsor itu sendiri. lihat peta di berita sebelumnya. (Sebelum dan sesudah longsor)

Diujung longsoran itulah ditemukan banyak sekali korban tewas, rongsokan mobil, motor, hingga sampah bercampur lumpur dari rumah dan perabot rumah tangga yang terbawa. Suasana para relawan yang mencari korban dan menggali lumpur seakan berpacu dengan aroma jasad manusia dan hewan yang anyir.

bahkan semua genting masih berada di tempatnya
Di tengah hamparan itu terdapat rumah dan sebidang pekarangan yang seakan dilewati begitu saja oleh longsoran tanah dari atas sehingga masih terlihat utuh baik bangunan rumahnya bahkan kolam ikan di belakang rumah. Tanaman dan terasiring juga masih terjaga baik. Pemandangan ini nampak kontras dengan lahan di kanan kirinya yang rata terseret tanah longsor, sehingga menjadi hamparan tanpa teras atau pematang.

relawan menggunakan air sungai di sebelah barat,
tepat korban tewas  dan kendaraan banyak ditemukan
Menurut informasi yang diterima muhammad (25) relawan asal Temanggung, sebenarnya korban tewas masih harus diteliti lagi mengingat waktu itu ada sejumlah mobil yang menjadi korban longsoran itu membawa penumpang. Berapa jumlah penumpangnya juga masih harus dipastikan lagi ketika hendak menghitung korban. Sebagaimana bisa dilihat dalam peta, bahwa longsiran itu melewati badan jalan dan menggulung sejumlah kendaraan yang waktu itu melintas.

Ditengah upaya pencarian, Caping mendapati bahwa korban teas kebanyakan terkumpul di sebuah sungai di ujung sebelah barat arah longsoran. Artinya pemukiman tersebut tersapu dari selatan ke arah utara, kemudian mengenai tebing di sebelah utara kemudian berbelok ke arah barat. Diujung barat ini ada sungai dengan aliran air cukup deras. Di sanalah banyak korban tewas, kendaraan, dan reruntuhan kayu rumah serta bangunan lainnya.
kendaraan dan seorang korban,
sementara kawat listrik terserak di sekitarnya
Ujung barat tempat pencarian korban
nampak bangkai mobil diantara relawan

Para relawan juga memanfaatkan air dari sungai tersebut untuk kemudian dialirkan menggunakan selang atau pipa sehingga bisa digunakan untuk mempermudah pencarian korban tertimbun. Air dibuat aliran menggunakan pipa dan disemprotkan ke area pencarian. Sehingga keberadaan air ini sangat membantu./ar


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :