PP Harapan Makmur Ingin Punya Traktor,.. Iuran

PP Harapan Makmur menggelar pertemuan rutin anggota di rumah  anggota Kelompok Tani Ontoseno Junedi, Kamis, (4/11). Pertemuan membahas pengadaan traktor dan mekanisme distribusi Benih Padi Organik Varietas Menthik Susu.

SEMARANG, CAPING.LSDPQT.org - Menjelang musim tanam akhir tahun ini Kelompok Tani Ontoseno memutuskan untuk membeli traktor. Keputusan ini diambil saat 17 anggota menggelar pertemuan rutinan Rumah Anggota Kelompok Junedi Kamis malam, (4/11). Pengadaan traktor dirasa kelompok tani penting guna memperlancar pengembangan pertanian organik kelompok tani yang juga anggota Paguyuban Petani Harapan Makmur ini.

Saat musim tanam tiba kebutuhan petani terhadap alat pembajak tanah meningkat drastis. Keterlambatan pengolahan tanah bisa berimbas pola tanam dan masa panen terkendala. Umur tanaman padi organik yang cenderung lebih lama ketimbang padi hibrida bisa berimbas munculnya serangan hama.

Ketua Paguyuban Petani Harapan makmur Jumasri (45) mengatakan bahwa dengan memiliki traktor sendiri akan mempermudah dan memperingan anggota. "Dengan punya traktor sendiri kita bisa memprioritaskan anggota terlebih dahulu. Umur padi Menthik Susu kan lebih lama, jadi pengolahan tanah harus seminggu lebih awal dibanding padi hibrida," katanya.

Sistem pengadaan traktor ini rencananya akan menjadi tanggungan 14 dari 17 anggota dengan cara diangsur setiap bulan. Sementara di akhir tahun anggota akan menerima Sisa Hasil Usaha dari pengoperasian traktor tersebut.

Pertemuan ini sendiri diselenggarakan di Dusun Plantungan, Desa Krandon Lor RT/RW:27/08, Kecamatan Suruh juga digunakan pengurus Paguyuban Petani terkait mekanisme pendistribusian Benih Padi Organik Varietas Menthik Susu. (KR)


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :