Pengin sukses? Perhatikan kebiasaan anda

Kebiasan mengantar ke sukses
oleh: mujab

Sukses seseorang terlihat dari pencapaian cita-citanya, hasil yang di raihnya, derajat yang berhasil didudukinya, lembaga usaha yang berhasil dibangun, dan ukuran-ukuran lainnya termasuk ukuran duit yang berhasil dimiliki. Sukses diraih dari kerja keras dan butuh proses yang harus dijalani sehingga kesuksesan akhirnya bisa didapatkan.

Tersebutlah Thomas Corley, penulis Rich Habits, melakukan survey terhadap 233 orang kaya dan 128 orang miskin. Survey dilakukan selama 5 tahun. Hasil dari survey tersebut bisa menjadi referensi bagi anda yang pengin sukses, meningkatkan kesuksesan yang telah diraih, ataupun menambah kesuksesan baru di samping kesuksesan yang telah diraih sebelumnya.

Selasar.com merangkum kebiasaan-kebiasaan yang dihasilkan dari survey Thomas Corley ini dari entrepreneur.com. Hasilnya adalah sebuah grafis yang menggambarkan beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang yang sukses berikut prosentasenya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pembaca berat. Mayoritas orang yang sukses adalah pembaca berat. Mereka membaca karena bertujuan untuk modal dan referensi mereka mengembangkan diri. Sehingga bisa dibedakan dengan mereka yang membaca hanya untuk tujuan hiburan, bersenang-senang atau sekedar mengisi waktu luang. Prosentase orang sukses yang gemar membaca cukup tinggi yaitu mencapai 86%.
  2. Bekerja melampaui target. Kebanyakan orang sukses adalah pekerja keras dan memiliki target yang harus diraih. Thomas mengutip ungkapan salah satu contoh orang sukses yang cukup dikenal yaitu Larry Page. Ia punya moto "Always deliver more then expected". Dalam hal ini ada 81 % orang sukses yang memiliki kebiasaan bekerja melampaui target yang mereka tetapkan.
  3. Mengetahui apa yang harus dilakukan. Bahwa ada pepatah hidup itu indah jika dijalani dengan mengalir saja mungkin benar. Tetapi orang sukses ternyata selalu membuat daftar kegiatan atau to-do-list. Orang sukses mayoritas menuntaskan daftar kegiatan yang mereka buat sendiri dalam setiap harinya, dan kemudian mengalir setelah semua list terkerjakan dengan baik. Kebiasaan satu ini dilakukan oleh 81% orang yang sukses.
  4. Berkaitan dengan media, ternyata orang sukses tidak berlama-lama di depan tv, atau media lainnya. Artinya tidak terlalu lama di depan tv karena mereka fokus pada produktifitas. Jadi produktifitas adalah nomor satu daripada menghabiskan waktu memelototi tv, atau mungkin media lainnya yang bersifat pasif. Prosentase orang sukses yang sedikit di depan tv ada 67%.
  5. Tidak menyia-nyiakan waktu. Bahkan ketiak di perjalanan misalnya di mobil atau kendaraan, banyak diantara orang sukses yang mendengarkan audio book. Audio book mungkin masih agak jarang di gunakan orang Indonesia. Tetapi intinya adalah mereka tidak pernah menyia-nyiakan waktu berlalu begitu saja. Selalu ada manfaat yang bisa siperoleh dari sana.
  6. Kebiasaan lain adalah tersenyum setiap hari. Ada 62% dari orang yang sukses yang tersenyum setiap hari. Artinya orang sukses memiliki kebiasaan mensyukuri dan menghargai dari apa yang dimiliki dalam kehidupan ini.
  7. Selain itu kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan fokus pada tujuan. Bahkan untuk menjaga fokus diantara mereka menuliskannya. Sehingga tujuan tersebut terjaga dari pergeseran dan terus diupayakan untuk berkonstrasi atas tujuan tersebut. Jumlah orang sukses yang fokus pada tujuan berdasarkan riset ini ada 52%.
  8. Ada lagi kebiasaan orang sukses yang patut diperhatikan dan diikuti yaitu menjaga kesehatan. Dalam riset tersebut mereka menemukan bahwa 57% orang yang sukses menjaga lingkar pinggang mereka yang berarti mereka sangat memperhatikan aspek kesehatan tubuh. Hal ini karena kesehatan adalah prasyarat untuk bisa bekerja keras agar sukses bisa diraih.
  9. Satu hal lagi yang menjadi kebiasaan orang sukses adalah hanya sedikit dari mereka yang berharap keberuntungan. Hanya 6% dari orang-orang sukses ini yang gemar main lotre. Artinya mayoritas orang sukses percaya bahwa kesuksesan diperolah dari kerja keras, bukan dari keberuntungan.
Bagaimanakah dengan kebiasaan anda? Mungkin kebiasaan di atas tidak menjamin 100% orang akan sukses, tetapi survey tersebut menyebutkan prosentase, sehingga anda bisa mengambil beberapa kebiasaan di atas yang sekiranya mampu mengantar anda menjadi orang sukses. /jb
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :