MENGENAL ANDROID

ilustrasi diambil dari : www.loadthegame.com


Salatiga, Caping 30/11/14. Pesatnya teknologi mobilitas (Mobile Application) berdampak pada munculnya beragam aplikasi perangkat pendukung termasuk perangkat sistem operasi, yang digunakan salah satu pemain yang mengembangkan sistem operasi pada perangkat bergerak adalah Android.

Dalam buku Pemograman Aplikasi Android, Android adalah aplikasi bergerak atau mobile operating system yang mengadopsi sistem operasi linuk yang telah dimodifikasi.

Pada tahun 2005 android diambil alih oleh google dari dari android inc, sebagai bagian dari setrategi mengisi pasar sistem operasi bergerak, android merupakan sistem operasi open source atau apache, yang berarti semua orang yang ingin menggunakan android dapat men-download penuh source code-nya. Selain dapat menambah, mengembangkan exstentionnya.

Keuntungan android adalah adanya pedekatan aplikasi secara terpadu, pengambangan hanya berkosentrasi pada aplikasi saja, aplikasi tersebut bisa berjalan pada beberapa perangkat yang berbeda selama masih di tenagai oleh android (pengembang tidak perlu mempertimbangkan kebutuhan jenis perangkatnya).

Android telah mengalami pembaruan (update) sejak diluncurkan pertama kali.
Versi Android
Diluncurkan
Nama Kode
Beta
5 Novembe 2007

1.0
23 September 2008

1.1
9 Februari 2009

1.5
30 April 2009
Cupcake
1.6
15 September 2009
Donut
2.0/2.1
26 Oktober 2009
Éclair
2.2
20 Mei 2010
Froyo
2.3
6 Desember 2010
Gingerbread
3.0
22 Februari 2011
Honeycomb
4.0.1
19 Oktober 2011
Ice Cream Sandwich

Sekitar Pertengahan 2012
Jelly Bean

Sekitar 2013 Dst.
Key Lime Pie
 Dikutip dari Buku Pemograman Android Tahun 2012.

Secara garis besar sistem operasi android terbagi menjadi 5 tingkatan diantarannya
Linuk karnel adalah karnel dasar android. Tingkat ini berisi smart driver perangkat tingkat rendah untuk komponen-komponen hardware perangkat android. Libraries berisi semua kode progam yang menyediakan layanan-layanan utama sistem operasi android. Android runtime kedudukan sama dengan libariries. Android runtime menyediakan kumpulan pustaka inti yang dapat diaktifkan oleh pengembang untuk menulis kode aplikasi android dengan bahasa pemograman java. Application framework adalah semacam kumpulan Class Built In yang tertanam dalam sistem operasi android sehingga pengembang dapat memanfaatkannya untuk aplikasi yang sedang dibagun. Applications pada tingkatan ini kita akan bekerja seperti aplikasi android pada umumnya yang dapat didownload dan diinstall dari market android. Semua aplikasi yang anda buat terletak pada tingkatan application. (gus.S/MA/ANK)
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :