MASA MUDA, MASA PACARAN

       Salatiga, Caping- Jum'at, (07/11) Remaja adalah dimana fase anak-anak tumbuh menjadi dewasa. Hal ini disebut dengan istilah adolescence yang berarti kematangan mental, emosional  social, dan fisik (Hurlock, 1992). Masa ini sebenarnya tidak memiliki tempat yang jelas, tidak kekanak-kanakan dan juga tidak dewasa. Usia remaja ini sekitar 15-23 tahun, dimana seseorang menjadi nakal-nakalnya dalam hidupnya. Hal ini disebabkan oleh pergantian fase anak-anak menjadi dewasa.

    Tidak dipungkiri bahwa masa remaja sering kali berhubungan dengan hal pacaran. Sering kita mengatakan labil bagi mereka yang baru menginjak usia remaja, pacaran, emosi, tidak stabil dan mudah berubah-ubah. Pacaran, memang menjadi momok yang begitu menyeramkan bagi kalangan orang tua sekarang ini. Karena banyaknya social media seperti Facebook, BBM, Twitter, Internet, dan sebagainya yang mereka gunakan juga memicu timbulnya tindakan yang tidak diinginkan. Karena dalam dunia maya seeorang tidak punya batasan bergaul dengan siapapun dan mengenal apapun.

    “Pacaran menurut saya itu tidak apa-apa. Didalam Islam tidak ada hukum pacaran. Tetapi yang berlebihan didalam pacaran menurut norma Islam itu tidak boleh. Jadi yang salah itu bukan wadahnya (Pacaran) tetapi isinya (zina)” kata Sultoni dalam acara seminar Ketaatan Beragama Sebagai Dasar Pembentukan Karakter, Etika, Dan Moral Generasi Muda Dalam Hidup Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara pada hari Rabu (05/11) di Kantor NU Salatiga. Beliau mengatakan bahwa dalam tali konsep Islam menganjurkan Mengenal atau yang disebut dengan Ta’aruf. Dimana sesorang memiliki niat untuk memiliki lawan jenisnya yang bertujuan untuk meneruskan generasinya. Tetapi yang sering kita lihat disekitar kita, yakni banyaknya remaja yang tidak tahu menahu tentang hal ini. Sehingga salah dalam mengartikan pacaran.

    Masa muda saat ini memang sangat memprihatinkan, oleh karena itu, jadilah pemuda yang cerdas dan berguna bagi masyarakat, bangsa, dan Negara. Manfaatkan social media sebagai alat konsumtif yang baik. Pahami, kenali dan dalami tentang pacaran sebelum melakukanya./SP   
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :