MACAM-MACAM PENDIDIKAN


contoh pendidikan otodidak
Salatiga, Caping- Minggu (30/11), Pendidikan adalah sebuah tahapan atau tingkatan yang sangat penting dalam kehiduapan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan saat ini benar-benar membutuhkan pendidikan untuk dapat memiliki kehidupan yang lebih baik. Sering kita jumpai bahwa orang yang sukses memiliki pendidikan yang tinggi pula. Akan tetapi, bagaimana dengan orang-orang kecil yang menginginkan sukses tanpa pendidikan?

Seperti yang kita ketahui, pendidikan ada 2 macam. Yaitu pendidikan formal dan informal. Pendidikan formal yaitu pendidikan sekolah antara murid dan guru yang saling bertatap muka di dalam kelas dalam sekolah-sekolah formal seperti SD, SMP, SMA dan Sekolah Tinggi lainya. Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri, salah satu contohnya yaitu kursus. Dalam pendidikan informal ini biasanya lebih ditekankan dalam hal praktek daripada teori yang diberikan. Sehingga dalam pendidikan suatu kursus itu melatih orang-orang untuk menggali bakat mereka dalam bidang tertentu.

Salah satu contohnya yaitu Agatha Chistie seorang penulis asal Inggris yang dikenal sebagai Master of The Mystery Novel atau Queen of Crime. Novel bergenre misterinya begitu terkenal ke seluruh dunia. Ia hanya belajar dirumah dengan bantuan ibunya. Dan setelah usia 8 tahun, ia didatangkan seorang tutor dalam pendidikanya di rumah. Pertama kali ia tertarik dengan menulis novel yaitu ketika kakaknya, Madge memberinya tantangan untuk menulis novel. Tantangan itu ia jawab dengan novel pertamanya berjudul “The Mysterious Affair at Styles” (Misteri di Styles).

Bagi masyarakat yang kurang mampu dalam membiayai pendidikan, kini ada cara untuk mengetahui segalanya dengan cara otodidak. Otodidak atau autodidak yaitu merupakan orang yang belajar tanpa bantuan guru dengan itu bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan sadar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Arti singkatnya mereka yang belajar mendapatkan pengetahuan dengan cara belajar sendiri. Dengan bantuan koneksi internet yang murah dan tanpa batas, kita bisa belajar sendiri melaluinya untuk mengetahui segalanya./SP

 source: 
http://autoages.blogspot.com/2011/04/5-tokoh-otodidak-sejati-yang-sukses-di.html
http://www.panduancara.com/pendidikan/cara-belajar-efektif-untuk-menghadapi-ujian-nasional
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :