Ketarunaan

Boyolali,Caping.Ketarunaan adalah sistem pendidikan di beberapa Perguruan tinggi, SMA, dan SMK. Ketarunaan memiliki arti sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip militer, yang diterapkan bukanlah militer murni melainkan dengan adanya Dasar Taruna.(LATDA STAR/ DIKSTAR).

Membagun karakter merupakan proses yang berlangsung hidup,anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter jika ia tumbuh pada yang berkarakter pula.Ada tiga pihak yang mempunyai peran penting yaitu, keluarga, pendidikan,dan komonitas.

Taruna adalah orang bermetal baja yang selalu melakukan kebajikan,dan terbiasa melakukan kebajikan serta berpenampilan sigap,energik,dan berkarakter kuat. Proses seorang taruna tercipta dari proses sembilan pilarkarakter yang penting ditanamkan dalam jiwa seorang taruna.

  1. Cinta Tuhan da alam semesta beserta isinya.
  2. Tanggung jawab,disiplin dan mandiri.
  3. Jujur.
  4. Hormat dan santun.
  5. Kasih sayang kepedulian dan kerjasama.
  6. Percaya diri,kreatif,kerja keras dan pantang menyerah.
  7. Keadilan dan kepemimpinan.
  8. Baik dan rendah hati
  9. Toleransi,cinta damai dan persatuan.
Tujuan mengembangkan karakter adalah mendorong lahirnya anak-anak yang baik.begitu tumbuh dalam berkarakter baik, diharapkan dengan kapasitas dan komitmennya untuk melakukan yang terbaik dengan benar dan cenderung memiliki tujuan hidup.

Membangun karakter memungkinkan semua anak menunjukkan potensi mereka untuk mencapai tujuan yang sangat penting.  Sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip militer yang bertujuan untuk Membentuk Karakter. tentu saja. (FE).

diolah dari berbagai sumber
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :