Kekeringan Di Tanah Air

sungai yang kering
Boyolali,Caping.Musim kemarau panjang masih melanda Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Kekeringan melanda dibeberapa  daerah termasuk wilayah kecamatan Wonosegoro ,Desa Bojong yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Warga bersusah payah mengantri mengambil air bersih di sumur  hingga larut malam, Minggu(02/11).  Ini dilakukan karena  hanya terdapat satu sumur umum untuk digunakan oleh warga setempat .Meskipun di desa tersebut juga terdapat sungai, namun, jika musim kemarau airnya akan  mengalir air lebih sedikit dibandingkan dengan musim penghujan.

Sungai sangat penting bagi kehidupan warga di desa Bojong karena selain mengambil air di sumur,  mereka juga mengambil air di sungai. Air sungai digunakan untuk mandi,mencuci pakaian dan lain sebagainya.

Cuaca yang begitu panas dapat dirasakan oleh warga pada akhir-akhir ini.Sinar matahari yang langsung jatuh di bumi akan meninmbulkan penyakit kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.Sinar tersebut sangat berbahaya tanpa lapisan ozon di atmosfir bumi.Lapisan ozon sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup di bumi,karena melindungi bumi dari sinar matahari langsung dan diserap lapisan itu,sehingga sinarnya tidak langsung jatuh ke bumi.

Sekarang lapisan ozon sudah terdapat lubang yang berada di kutub utara,yang disebabkan oleh bahan kimia kloro fluoro karbon(CFC) yang biasa digunakan sebagai media pendingin dan gas pendorong spray aerosol seperti AC,kulkas,semprotan minyak wangi,kompresor,dan lain sebagainya, atau yang disebut dengan efek rumah kaca,sehingga cuaca di bumi terasa panas sampai suhu sekitar tiga puluh derajat celcius.(FE).
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :