Lolipop; Android untuk anda


oleh: mujab



Halaman depan website Android 5.0 Lolipop
Anda pecinta Android? Berbahagialah karena Android terbaru sudah dirilis. Nama yang digunakan tetap konsisten menggunakan nama makanan kecil, sehingga kadang kita sering menembak makanan apalagi yang akan disuguhkan untuk penggemar Android berikutnya.

Nama Android terbaru setelah kitkat ini seakan lekat dengan sosok perempuan. Iya, namanya Lolipop, nama untuk menyebut permen berbentuk bulat dan lingkaran bertangkai, yang selalu menampilkan warna-warna permen yang indah, rasa yang manis sekali, memancing siapa saja untuk mengemutnya. Hal ini sesuai dengan slogan Android 5.0 yaitu A sweet new taken on Android.

Ada ambisi besar dalam Android terbaru kali ini yaitu disebut-sebut akan cocok untuk semua platform mulai dari hanphone entry level, smartphone, jam tangan pintar, hingga tv pintar. Artinya Lolipop dijanjikan sebagai sistem operasi yang canggih, bisa mengemban tugas besar, sekaligus tetap ringan ketika dijalankan di hanphone entry level yang memiliki memori kecil.

Android menjanjikan beberapa hal terkait dengan suguhan terbarunya diantaranya adalah: Lebih aman dengan penggunaan beberapa user profile dalam satu telepon, lebih tak terbatas , bisa berbagi dengan peralatan yang lain dari TV, ke Tablet / ke Smartphone, Lebih hemat baterai dan lebih mudah dikustomisasi terutama pada tampilan lockscreen.


Desain Tampilan

Sebuah desain UI yang berani, warna-warni, dan responsif untuk konsisten, pengalaman intuitif di semua perangkat Anda, Responsif, gerak alami, pencahayaan realistis dan bayangan, dan akrab unsur visual memudahkan untuk menavigasi perangkat Anda Warna yang hidup baru, tipografi, dan tepi-ke-tepi citra bantuan untuk memusatkan perhatian Anda

Notifikasi

Cara-cara baru untuk mengontrol kapan dan bagaimana anda menerima pesan. Lihat dan menanggapi pesan langsung dari layar kunci Anda. Termasuk kemampuan untuk menyembunyikan konten sensitif untuk pemberitahuan ini

Dengan Lollipop, panggilan telepon masuk tidak akan mengganggu apa yang anda tonton atau sedang dimainkan. Anda dapat memilih untuk menjawab panggilan atau hanya tetap melakukan apa yang Anda lakukan.

Anda bisa memegang control penuh atas notifikasi apakah akan menyembunyikan konten sensitive, membuat prioritas atau bahkan mematikan notifikasi sepenuhnya. Anda juga bisa melihat semua notifikasi di satu tempat dengan menekan bagian atas layar.

Batery lebih awet

Sebuah fitur penghemat baterai yang membentang perangkat digunakan hingga 90 menit. Terdapat pula fitur perkiraan waktu yang tersisa untuk mengisi penuh akan ditampilkan bila perangkat terhubung ke colokan listrik. Selain itu dalam pengaturan battery anda akan menemukan fitur perkiraan waktu yang tersisa pada perangkat sebelum Anda harus mengisi lagi.

Keamanan Untuk peningkatan fitur keamanan diantaranya adalah dengan enkripsi secara otomatis diaktifkan untuk membantu melindungi data pada perangkat ketika perangkat anda hilang atau dicuri. Fitur lainnya adalah adanya perlindungan yang lebih baik terhadap kerentanan terhadap malware. Ada pula fitur Android Smart Lock yang melindungi koneksi pairing anda dengan perangkat lain misalnya ketika menghubungkan perangkat dengan mobil anda.

Performa Di Lolipop ini dikenalkan runtime ART, sebuah runtime Android yang sama sekali baru, berperan dalam meningkatkan kinerja aplikasi dan responsif sampai 4 kali lipat dari generasi sebelumnya. Selain itu performa dimunculkan melalui UI halus untuk kompleks, dan aplikasi visual yang kaya. Di Lolipop ini juga dilakukan Pemadatan aplikasi dan layanan sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak pekerjaan sekaligus.

Performa Lolipop disebut kompatibel untuk perangkat 64 bit, seperti Nexus 9, menjadikannya sekelas desktop CPU untuk Android. Dukungan untuk 64-bit SOCS menggunakan core ARM, x86, dan berbasis MIPS. Pengiriman 64-bit aplikasi asli seperti Chrome, Gmail, Calendar, Google Play Music, dan banyak lagi.

Mau tahu Lolipop lebih lengkap? Simak di sini
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :