Festival Pangan Lokal SPPQT Dimeriahkan Teater Gedhek Dan Perkusi

Foto: Musisi pengiring teater
Salatiga, Caping-- Festival Pangan Lokal SPPQT yang digelar di halaman depan kantor SPPQT di Kalibening, Salatiga kemarin, Kamis (30/10), ditujukan untuk memperingati hari pangan sedunia. Dalam festival ini ditampilkan banyak kreasi olahan makanan dari bahan pangan lokal. Panganan yang ditampilkan di sini semuanya berasal dari kreasi anggota perempuan di paguyuban-paguyuban yang dibina SPPQT. Ada 10 paguyuban yang diundang dalam festival ini. 7 paguyuban dari Boyolali dan 3 paguyuban dari Salatiga. 

Dalam pembukaan festival yang bertajuk ORA TUKU ORA UTANG GAWE DEWE ini, dibuka dengan penampilan band perkusi dari Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) Kalibening. Alunan perkusi nampak meriah ketika ditampilkan juga tari-tarian yang diikreasikan oleh anak-anak KBQT sendiri. Tarian yang diiringi perkusi ini nampak sangat menarik perhatian pengunjung dan tamu undangan. Ditutup dengan tarian modern, penampilan band perkusi KBQT mendapat sambutan tepuk tangan meriah peserta dan pengunjung. 

Setelah pembukaan acara oleh Walikota Salatiga, Yulianto, sekaligus menutup sesi sambutan, peserta kembali disuguhi hiburan. Kali ini peserta dihibur oleh Teater Gedhek. Teater ini juga merupakan kreasi dari anak-anak KBQT yang dibina Bahrudin atau yang sering disapa Pak Din. Dalam pentas ini, menampilkan lakon yang  mengajak untuk peduli dengan pangan lokal dan mengurangi makanan import. Pentas ini menarik banyak tawa dari pengunjung karena dikemas dengan sedikit candaan dan guyonan.

KBQT sendiri merupakan komunitas belajar yang juga merupakan bagian dari Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT). (es)
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :