MOS Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah

"Program Sekolah lapang ini dilaksanakan SPPQT bulan Januari-Maret 2013 di Kawasan Sumbing Inti." Kata Ruth dalam sambutan nya dalam pembukaan acara MOS yang diselenggarakan di Kantor SPPQT Jumat, 2/8. Sekolah Lapang ini diikuti oleh 25 petani dari utusan paguyuban yang berada di kawasan sumbing. "Diharapkan dari sekolah lapang ini akan bisa dilakukan kegiatan serupa yang diikuti oleh petani dari anggota kelompok di kawasan ini.
MOS kali ini diikuti oleh DPP, DPS dan DPO. Namun rupanya peserta MOS kali ini diperluas sehingga pesertanya menjadi lebih banyak. Diantaranya ada pengurus dari Koperasi Simpan Pinjam Qaryah Thayyibah, Koperasi Sekunder Mentari Qaryah Thayyibah, dan diikuti pula oleh seluruh staff di jajaran pelaksana serikat. Acara dimulai pukul 15.30, mundur tiga puluh menit dari undangan yang disebarkan oleh sekretaris.
Selain tentang perkembangan program di kawasan sumbing ketua umum juga menyampaikan perkembangan program yang bekerjasama dengan mitra. Diantaranya adalah disepakatinya kerjasama dengan Miserior. Dengan lembaga ini SPPQT bekerjasama dalam program yang bernama "Meningkatkan kedaulatan pangan melalui pengembangan pangan lokal". Periode program ini adalah Juli 2013- Desember 2014.
Kemudian ketua umum menyampaikan pula disepakatinya kerjasama antara SPPQT dengan IUWASH. Dalam kerjasama ini disepakati untuk membangun sumur resapan di dua titik, yaitu kawasan Mata Air Senjoyo di Tengaran dan Kawasan Mata Air Ngablak di Ungaran. Jumlah sumur yang disepakati dibangun ada 800 unit. Program ini dimulai Oktober 2013 dan berakhir September 2014.
Selain Ketua Umum, Nampak sekjen juga menyampaikan paparan tentang kontrak politik terkait dengan pilgub beberapa waktu lalu. Nama program dalam kontrak itu adalah jamaah produksi. Sudah beberapa kali pertemuan antara SPPQT dan pihak gubernur terpilih Ganjar Pranowo.
Dalam MOS kali ini nampak hadir Bahruddin, Ketua DPO; Surame Hadi Sutikno, ketua DPP; Ruth S; Ketua Umum, yang duduk dalam formasi melingkar memenuhi ruangan pertemuan SPPQT. Diantara mereka nampak juga beberapa perempuan anggota DPP seperti Fatimah, Lestari, Siti Nuryati, dan beberapa anggota DPP perempuan lainnya.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :