Capaian Koperasi Sekunder M-QT

Ada hal yang terungkap dari berjalannya RAT Koperasi Sekunder SPPQT beberapa waktu lalu. Hal ini menjadi catatan penting dalam rangka menapaki Koperasi Sekunder untuk ke depannya. Catatan ini termuat dalam laporan pertanggung jawaban yang dirilis oleh pengurus Koperasi Sekunder dalam rangka RAT. 

Capaian dan catatan penting itu bisa dilihat misalnya dari program menghimpun modal dari anggota dan kerjasama dengan mitra. Hasil yang dicapai dari program ini adalah Optimalisasi simpanan pokok anggota, Merumuskan proposal kerjasama antara SPPQT dengan BUMN (Pendidikan perkoperasian), dan Adanya instrument keanggotaan.

Dari program Konsolidasi dan optimalisasi PERAN DAN FUNGSI PENGURUS PENGAWAS DAN PENGELOLA, hasil yang dicapai adalah Adanya job disc antar pengurus. Rupanya Jobdis antar pengurus harus diprogramkan selama 3 tahun agar peran dan fungsi pengurus, pengawas dan pengelola optimal dalam kerjanya.

Program Peningkatan kapasitas pengelolaan baik simpanan maupun pinjaman, hasil yang dicapai adalah Mengikutsertakan pengurus, pengelola dan pengelola primer dalam pelatihan dan pendidikan, diantaranya; pelatihan perpajakan, Gema PKM, pelatihan pinjaman bermasalah, dan sertifikasi manajer dan Pembuatan profil, bisnis plan sekunder dan primer.

Sedangkan capaian dari program Mengelola layanan pinjaman yang efektif dan efisian .dan menyusun instumen PENGELOLAAN KEUANGAN BAIK PINJAMAN MAUPUN SIMPANAN ( tata aturan, kebijakan ) Capaiannya adalah Merapikan pembuktian akad pinjaman.

Capaian lainnya adalah Ada Surat Keputusan pengurus, diantaranya: SK Pemberian subsidi honor karyawan, SK Pemberian subsidi anggota primer, SK Bunga Seed Capital (Modal Penyertaan), SK Pengatasnamaan Rekening bunga Modal Penyertaan, SK Mekanisme Pemberian subsidi untuk karyawan Primer, dan SK Pembaharuan kontrak Seed Capital.

Program Mempersiapkan rekruting anggota dengan cara memberdayakan anggota ,calon anggota menghasilkan capaian : Melakukan assetment calon anggota.

Sementara itu terkait dengan anggota hingga RAT digelar anggota Koperasi Sekunder yang resmi tercatat ada 3 koperasi primer, yaitu Koperasi KSP Qaryah Thayyibah, KSP Mentari Dana Mandiri, dan KSU GT Gedong Songo. Dengan capaian seperti di atas dalam laporan keuangan disebutkan dana yang dihabiskan kepengurusan ini adalah sebesar Rp. 334,465,125, dari rencana sebesar Rp. 373,200,000. Adapun Seed Capital dari rencana sebesar Rp. 625 Juta terealisasi Rp. 400 Juta.












SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :