Tajuk Rencana Desember

Puji syukur akhirnya media ini dapat terbit tepat pada waktunya. Tepat pada waktu media begitu berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Saat informasi media berperan sentral dalam kehidupan sehari-hari itulah buletin Caping hadir dan berkontribusi menyajikan informasi untuk kemajuan kaum tani. Latar belakang itulah yang membuat kami selaku pemuda LSDPQT hadir di tangan pembaca semua melalui media “Caping” ini.

Memang berbagai informasi tentang pertanian seringkali kita dapatkan dari berbagai media massa baik lokal maupun nasional. Apalagi, kalau kita duduk di depan internet, informasi tentang pertanian akan banyak, dan berhambur. Namun begitu, adakah informasi dari berbagai media massa tentang pertanian tersebut membawa dampak perubahan yang signifikan terhadap nasib kaum tani? Adakah sejauh ini suara dan informasi tentang pemuda, petani, atau LSDPQT dapat atau memiliki tempat yang luas dan khusus di media tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang selanjutnya melecut kita untuk bangun dan membangun media kita sendiri, Caping-media bersama kaum tani.

Kenapa Buletin?
Tentu saja ada banyak pertanyaan yang muncul seputar koran atau buletin ini nantinya, ada yang memicingkan mata dan bersikap pesimis namun ada pula pihak-pihak yang menyambut baik terbitnya koran ini. Semua yang melihat ke depan pantas saja ragu, sebab di sini pada hari ini kita masih banyak bergulat dalam pahit getir kehidupan pertanian yang menguras keringat dan tenaga. Justru di situlah keyakinan kita akan terciptanya generasi muda masa depan yang terinformasi dan kuat dalam praktik pertanian muncul, keraguan yang selanjutnya menggiring kita untuk menghidupi media ini menuju masa depan lebih cerah.

Bagaimana buletin ini dikelola?
Secara manajerial buletin Caping berada di kawasan divisi teknologi informasi LSDPQT (Lumbung Sumber Daya Pemuda Qaryah Thayyibah). Prinsip umum dalam manajerial buletin ini adalah mutualisme seperti adanya kupu-kupu dengan bunga-bunga. Prinsip saling balas secara positif dari satu kelompok dengan yang lain. Dari divisi ini, selanjutnya upaya kita adalah menjadikan media ini ruang umum sehingga siapa saja dapat memberikan kontribusinya baik pada isi (penulisan di rubrik yang ada), maupun persoalan teknis (produksi dan distribusi).
Akhirnya dalam tarikan nafas pertama media ini terbit pada bulan Desember 2012. Kita berdo'a dan mengharap semoga media ini dapat bermakna sepertihalnya permulaan perintisannya. Caping dengan format cetak dan rubrik-rubrik terpilih barangkali masih perlu pembenahan dan kritik dari pembaca. Akhirnya pembacalah yang berdaulat dan menentukan bagaimana dan akan ke arah mana masa depan media ini. Last, dengan mengucap syukur akhirnya kami terimakasih kepada seluruh staff redaksi dan kepada anda semua pembaca, selamat menikmati! (AB).

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :