Program Ini Terlalu Bagus untuk LSD


"Program ini saya pikir sudah sangat bagus,... program ini terlalu bagus untuk LSD", demikian Bahrudin, ketua Dewan Pertimbangan Organisasi SPPQT, berkomentar ketika membaca draft program kerja LSDP-QT dalam acara MUSKER LSDP-QT kemarin. Selain Bahruddin sebagai , nampak hadir dalam acara ini Ketua Umum SPPQT Ruth Murtiasih Subodro, Ketua Dewan Perwakilan Petani Surame Hadi Sutikno, Ketua Pengurus LSDP-QT Mujab, dan Ketua LSDP-QT M Arzaq. Hadir pula jajaran pengurus LSDP-QT, jajaran Pelaksana Harian LSDP-QT dan perwakilan seluruh anggota.
Lebih lanjut Bahruddin menambahkan bahwa komitmen dari teman teman LSDP-QT sangat penting agar program kerja yang sudah dicanangkan bisa dilaksanakan. sehingga dianggap penting untuk mencari bagaimana agar teman-teman LSDP-QT memiliki komitmen yang tinggi dan merasa memiliki tanggung jawab agar program kerja yang ideal ini bisa dilaksanakan. PR ini perlu dibicarakan bersama dengan seluruh elemen LSD.
 
Kiri ke kanan: Bahruddin, Surame,
Ruth, dan Miftahul Arzaq.

Ada dua hal penting dari sambutan Bahrudiin selanjutnya, yaitu pertama, harus terus mengembangkan kekritisan dimanapun berada, dan ukuran kekritisan itu keadilan, yang jika terjadi ketidakadilan maka harus bertindak dan bersuara. Kedua, bagaimana cara mewujudkan keadilan dengan membangun jamaah produksi. Inti jamaah produksi itu keadilan, dan setelah itu kesejahteraan dan keuntungan, karena tanpa kesejahteraan dan keuntungan maka keberdayaan akan mustahil terwujud.
Adapun Surame selaku ketua DPP SPPQT menyoroti pentingnya pemuda di LSDP-QT untuk meningkatkan peran mereka di ranah masyarakat desa. Bahkan jika perlu hingga menembus birokrasi desa. Karena pemuda memiliki sikap kritis dan ini modal bagi pemuda di LSD untuk berkiprah di desanya masing masing.
"Banyak kebijakan di desa yang tidak berpihak ke siapapun, kegiatan di masyarakatpun masih di dominasi orang tua, karena para pemuda masih sedikit yang ikut aktif dalam pengembangan desa, pemuda adalah pencipta perubahan, dan jangan hanya menunggu."
Sementara itu Ruth selaku ketua SPPQT menyambut baik Musker ini, setelah beberapa bulan sebelumnya LSDP-QT melakukan kongres. Ini merupakan indikasi bahwa organsasi LSDP-QT ini adalah organisasi yang dinamis, dan berpotensi untuk maju. "Apresiasi karena ini mengindikasikan bahwa organisasinya berjalan," katanya.
Lebih lanjut Ruth mengemukakan bahwa LSDP-QT memiliki cukup modal untuk menjadi lembaga pemuda yang prograsif. "Pertama, kenyataannya sudah memiliki 20 grup/ kelompok pemuda, yang memiliki 200 lebih anggota, dan separuhnya perempuan. Dan juga memiliki perangkat yang dimiliki, meliputi AD/ART, manifesto politik, GBHL. SOP, program dan indikatornya. Sebagai organisasi baru, modalmya dikira cukup, dan tugasnya adalah bagaimana memformulasi organisasi ke depannya agar berjalan dan berdiri sebagaimorganisasi yang berwatak gerakan"./jab
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :