Emiliano Zapata


Di kalangan petani baik, pemerhati, pegiat dan pelaku (apalagi petani penggarap) di Indonesia, nama Emiliano Zapata tentu saja masih asing terdengar di kuping. Karena masih belum terkenal itulah maka pada profil edisi I ini petani yang luar biasa -Emiliano Zapata ini perlu dikenalkan dan diharapkan menginspirasi khususnya kepada pemuda LSDPQT. 
 
Sebenarnya penulis sendiri belum dan tidak akan pernah berkenalan dengan beliau secara langsung. Maklum saja, Emiliano Zapata sudah meninggal lebih dahulu sehingga karena jasanya dalam bidang pertanian pada khususnya dan gerakan politik Zapatista pada umumnya, Emiliano terpateri sebagai pioneer gerakan sekaligus pahlawan yang mungkin harum namanya.
Biografi Ringkas
Nama lengkapnya General Emiliano Zapata. Beliau lahir pada tanggal 8 Agustus 1879 di Ciudad Ayala, Morelos, Meksiko dan meninggal pada umur 39 tepatnya pada tanggal 10 April 1919 di Chinameca, Morelos, Meksiko (Amerika Selatan). Zapata terlahir dari rahim Cleofas Salazar yang bersuamikan Gabriel Zapata yang mana Ia lahir berurut nomor 9 dari 10 bersaudara.
Secara etnik darah Emiliano Zapata dialiri ras Nahua dan Spanyol. Sejak kecil Zapata sudah dekat dan mengenal dunia pertanian, ia berasal dari keluarga petani miskin. Emiliano juga sempat belajar, ia berpendidikan meskipun rendah. Adalah gurunya Emilio Vara guru yang sangat baik dan mau mengajari Emiliano Zapata. Kemauan Vara mengajari ini karena ketidaktegaannya melihat kondisi keluarga Emiliano, terutama sejak ayahnya meninggal saat Zapata berusia 17 tahun.
Perjalanan Karier
Perjuangan Emiliano Zapata dikenal dalam Revolusi Meksiko yang berlangsung pada 1910-1920. Gerakan ini bisa dimiripkan (namun tidak sama) dengan gerakan Kyai Samin di Blora  (Saminisme). Gerakan petani yang gagah berani dalam the Liberation Army of The South di bawah kepemimpinan Zapata melawan kesewenang-wenangan Presiden Meksiko waktu itu yang bernama Porfirio Diaz yang sejak tahun 1876 membuat sistem sosial ekonomi Meksiko menjadi feodal dengan kepemilikan lahan luas atau hacienda. Pemilik kuasa Hacienda ini dengan kekuatannya mengontrol banyak sekali tanah yang luas yang dicuri dari para petani dan penduduk asli. Mereka tuan Feodal ini melalui pengusiran menjadikan budak (peonaje)para pemilik tanah asli.
Setelah dewasa, Zapata juga dikenal seorang penunggang kuda dan pemain banteng. Keterlibatannya dalam politik dimulai pada 1909 dimana ia ikut dalam pemilihan di Anenecuilco dengan isu mempertahankan tanah nenek moyang dan petani dari serbuan pemilik tanah luas di Compesinos Morelos. Kebencian Zapata pada rezim Diaz mengundangnya bersimpati terhadap Madero yang menjadi rival Diaz dalam pemilihan nasional namun dieksilkan (buang) ke Amerika Serikat.
Di daerah Selatan Meksiko perlawanan Zapata terhadap rezim Diaz yang bekerjasama dengan Madero dan Huerta dimulai. Kampanye perlawanan Zapata untuk Madero yang melawan Diaz ini ternyata mengundang banyak simpati rakyat. Setalah Diaz berhasil disingkirkan, teman Zapata; Madero, Huerta dan Caranza terlibat dalam konflik internal. Madero ternyata tidak memiliki keyakinan untuk memenuhi janjinya terutama untuk melakukan pembagian tanah kepada petani miskin. Madero yang dianggap ingkar ini, membuat Zapata merencanakan agenda lain yang terkenal dengan rencana Ayala (Plan de Ayala1911). 
 
Yang menarik dari perjuangan Zapata adalah banyaknya terlibat wanita (The Soldaderas) yang bersimpati dan berkontribusi dalam banyak hal tidak saja dalam melawan melainkan juga sebagai pegawai.
Jalannya perjuangan Zapata menarik simpati banyak orang namun juga tidak menampik berakibat musuh-musuhnya benci dan takut. Adalah Pablo Gonzales seorang musuh yang melakukan serangan bagi pendukung Zapata. Tidak hanya para pendukung, pada 10 April 1919 melalui Kolonel Jesus Guajardo, presiden Gonzales berhasil menembakkan peluru ke dada Zapata melalui tindakan picik, melalui jebakan.
Pada awal 1994 sebuah organisasi yang melakukan kudeta di beberapa kota utara Meksiko mengatasnamakan diri EZLN atau Ejército Zapatista de Liberación Nacional (National Zapatist Liberation Army). Namun terakhir, gerakan EZLN setelah memakai gerakan-gerakan dan serangan bersenjata terakhir berganti menggunakan media internet dan media massa. (AB)
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :